Manfaat Begadang: Mitos atau Fakta?

Ronihalim/net_probolinggo
Foto: iNews.id

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Begadang, atau tidur larut malam, merupakan kebiasaan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Ada yang begadang karena harus menyelesaikan pekerjaan, ada yang begadang karena ingin bersenang-senang, dan ada juga yang begadang karena tidak bisa tidur.

Secara umum, begadang memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah penurunan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikir; peningkatan risiko penyakit kronis seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung; serta penuaan dini.

Namun, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa begadang memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat begadang yang telah dibuktikan oleh penelitian:

  • Meningkatkan kreativitas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang begadang lebih cenderung menghasilkan ide-ide kreatif daripada orang yang tidur nyenyak. Hal ini diduga karena saat begadang, otak menjadi lebih aktif dan mampu untuk berpikir secara lebih bebas.

  • Meningkatkan kinerja

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience pada tahun 2014 menemukan bahwa orang yang begadang dapat meningkatkan kinerja mereka dalam tugas-tugas yang membutuhkan kreativitas dan pemecahan masalah. Hal ini diduga karena saat begadang, otak menjadi lebih fokus dan mampu untuk bekerja lebih lama.

  • Meningkatkan memori

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang begadang dapat meningkatkan memori mereka untuk informasi yang baru dipelajari. Hal ini diduga karena saat begadang, otak menjadi lebih aktif dan mampu untuk membentuk memori baru.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat begadang ini hanya berlaku jika dilakukan sesekali saja. Jika dilakukan secara rutin, begadang akan menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi dampak negatif begadang:

  • Batasi waktu begadang

Jika Anda terpaksa harus begadang, usahakan untuk membatasi waktu begadang Anda. Sebaiknya, Anda tidak begadang lebih dari 2-3 jam.

  • Istirahat yang cukup

Setelah begadang, usahakan untuk segera beristirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

  • Hindari kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol dapat mengganggu tidur Anda. Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol setidaknya 6 jam sebelum tidur.

Jika Anda sering begadang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network