Penderita Asam Urat, Hindari 5 Minuman Ini Yuk!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Pengidap asam urat tak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Oleh karena itu terdapat minuman yang berbahaya bagi pengidap asam urat. Minuman apa saja yang dimaksud?

Asam urat menjadi penyakit yang kerap muncul di usia 30 tahun ke atas. Penyakit ini dapat mengganggu berbagai aktivitas karena membuat penderita kesulitan untuk bergerak.

Gejala dari asam urat ini seperti nyeri, bengkak, dan rasa panas di persendian tubuh. Ada beberapa penyebab yang membuat penyakit asam urat seseorang mendadak kambuh.

Seringkali pencetusnya berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Bahkan sayuran hijau yang dikenal bagus untuk kesehatan pun terjadi menjadi pemicu terjadinya asam urat.

Lalu apa saja minuman yang dapat membuat penyakit asam urat kambuh?

1. Anggur Merah

Anggur merah merupakan salah satu minuman yang mengandung kadar purin tinggi. Kadar purin ini memicu penumpukan asam urat pada sendi.

2. Bir

Sama halnya dengan anggur merah, kadar purin bir juga termasuk tinggi karena termasuk golongan minuman beralkohol. Minuman beralkohol memiliki kadar purin yang membuat asam urat meningkat di persendian tubuh.

3. Minuman Bersoda

Minuman ini cenderung memiliki kadar gula yang tinggi. Makanan atau minuman yang berkadar gula tinggi dapat meningkatkan risiko asam urat kambuh.

4. Milkshake

Sama seperti minuman bersoda, milkshake cenderung tinggi akan gula. Meski kandungan susu bagus untuk tubuh, namun kadar gula yang tinggi membuat kadar purin dalam tubuh memburuk. Ini memicu timbulnya asam urat.

5. Minuman kekinian

Ada banyak jenis minuman kekinian di zaman sekarang. Rata-rata kadar gula dalam minuman tersebut sangat banyak dan manis. Minuman manis memicu penumpukan asam urat di persendian tubuh.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network