get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

Ini 20 Jenis Ikan yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Selasa, 01 Agustus 2023 | 15:26 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Jika kamu mengidap penyakit asam urat, salah satu pantangan yang harus kamu hindari adalah mengonsumsi makanan hasil laut atau seafood. Bukan tanpa alasan, ada banyak jenis ikan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh. 

Padahal, ikan sendiri adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Ikan mengandung lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung sekaligus sebagai sumber protein hewani yang baik sebagai pengganti daging. 

Terdapat 20 jenis ikan yang baik untuk penderita asam urat bisa menjadi rekomendasi bagi Anda. Pasalnya, penderita asam urat harus memilih jenis ikan agar baik untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya beberapa ikan memiliki kandungan purin yang meningkatkan produksi kristal hingga kambuhnya asam urat. Untuk itu,menjaga pola makan sehat merupakan langkah penting untuk mengendalikan gejala asam urat.

Melansir Verywell Health, ada 20 jenis ikan yang baik untuk penderita asam dikarenakan rendahnya kandungan purin. Untuk penderita asam urat yang rendah purin meliputi ikan salmon, ikan tuna, ikan lele, ikan flounder, kakap merah, belut Jepang, monkfish (dagingnya), dan sandfish sailfin.

Beberapa jenis seafood ini juga rendah purin dan baik untuk penderita asam urat yakni cumi-cumi, kepiting raja merah, udang botani, dan kaviar.

Masih ada beberapa ikan yang masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Diantaranya adalah ikan trout, ikan haring, ikan haddock, ikan halibut, ikan tuna, ikan mas, dan ikan kod. Sementara itu, seafood lainnya yang masih bisa dikonsumsi seperti kepiting, lobster, dan tiram.

Penderita asam urat harus menghindari ikan dan seafood yang mengandung tinggi purin. Kategori kandungan purin tinggi apabila sudah mengandung 200 mg purin per 100 gr sajian ikan atau seafood.

Sebaiknya penderita asam urat menghindari ikan teri dan ikan cakalang yang tinggi purin. Ikan teri (kering) mengandung 1.109 mg purin, sementara ikan cakalang mengandung 211 mg purin.

Penderita asam urat juga harus memperhatikan proses pengolahan ikan. Merebus atau mengukus dapat mengurangi kandungan purin keseluruhan hidangan ikan. Hindari pula ikan yang mengandung pengawet.

Demikian 20 jenis ikan yang baik untuk penderita asam urat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut