get app
inews
Aa Read Next : Polres Probolinggo Siagakan Pasukan Khusus Jaga Arus Mudik dan Balik, Utamanya Jalur Rawan

Bawa Sapi PMK Ke Probolinggo, Truck Muatan Sapi Dipaksa Putar Balik

Rabu, 08 Juni 2022 | 17:00 WIB
header img
Polisi saat menghadang truck muatan sapi dari luar probolinggo

PROBOLINGGO, iNews.id - Polres Probolinggo bersama TNI melakukan penyekatan terhadap angkutan yang membawa hewan ternak. Dalam penyekatan itu, pihak kepolisian memutar balik dua mobil truk pengangkut sapi. Kedua truck tersebut terdapat beberapa sapi yang terindikasi terkena PMK.

Penyetakan itu dilakukan pada Selasa (7/6/2022), tepat di pos polisi check point Banjar Sawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Dimana jalan tersebut disinyalir sering dilalui truck pengangkut hewan ternak.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan kalau dalam penyekatan tersebut ada dua truck yang dipaksa untuk putar balik. Karena truck tersebut kedapatan membawa beberapa sapi yang disinyalir terjangkit PMK.

Dengan ciri-ciri mulut sapi tersebut mengeluarkan air liur yang cukup banyak, dan disertai luka pada bagian kuku sapi. 

"Hewan ternak yang dibawa juga tidak dilengkapi surat kesehatan, sehingga kami mengantisipasi terjadinya penyebaran pada hewan lainnya," paparnya, Rabu (8/6/2022).

Dalam penyekatan yang dipimpinnya langsung, sempat terjadi dialog antar petugas dengan sopir yang mengangkut sapi dari arah lumajang. Namun setelah diberi pemahaman sopir mengerti dan bersedia putar balik kendaraannya.

"Jalur tersebut dipilih karena sering digunakan untuk mengangkut ternak dari wilayah Lumajang untuk dijual di wilayah Probolinggo," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak panik ketika hewan ternaknya terpapar PMK, segera hubungi dokter hewan agar bisa dilakukan pengobatan awal.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut