get app
inews
Aa Read Next : Aksi Mitigasi Perubahan Iklim, PT Paiton Energy dan POMI Tanam 34.000 Pohon

Paiton Energy Dan POMI Sukses Membuat Biodiversity Garden

Jum'at, 03 Juni 2022 | 08:23 WIB
header img
Lokasi Biodiversity Garden seluas 8.500 m2 (foto: istimewa).

SITUBONDO, iNews.id – PT Paiton Energy dan POMI berpartisipasi aktif menjadi bagian dari solusi untuk permasalahan–permasalahan keragaman hayati baik lokal maupun nasional. Salah satu wujudnya adalah program Biodiversity Garden di komplek perumahan karyawan PLTU Paiton Energy (POH 2).

Program Biodiversity Garden tersebut terletak di atas lahan seluas 8.500 m2 dan telah dibangun sejak 2014. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kebun Raya Purwodadi.

Dalam program ini Perusahaan melakukan upaya pelestarian jenis-jenis pohon yang sudah langka dan terancam punah. Pohon tersebut bukan hanya jenis daerah lokal setempat, tapi juga pohon langka yang ada di Indonesia.

Tujuan Paiton Energy dan POMI membuat Biodiversity Garden antara lain untuk melaksanakan upaya konservasi eksitu, meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta menumbuhkan kecintaan terhadap keragaman hayati atau biodiversitas di bumi. Ini selaras dengan tujuan dari peringatan Hari Keragaman Hayati atau Biodiversity Day setiap tanggal 22 Mei.

Keragaman hayati merupakan jawaban atas tantangan pembangunan berkelanjutan, masalah perubahan iklim, dan ketahanan pangan.

Menyadari pentingnya keragaman hayati, Paiton Energy dan POMI telah juga melakukan program perlindungan keragaman hayati pada wilayah-wilayah yang berada di luar kompleks PLTU Paiton. Program tersebut juga sebagai bagian dari mitigasi perubahan iklim.

Diantaranya, program Hutan Rakyat yang disinergikan dengan peningkatan kesejahteraan di Desa Selobanteng, dan konservasi hutan bakau (mangrove) di Kampung Blekok, keduanya terletak di Situbondo, Jawa Timur.

Hutan Rakyat Selobanteng memberikan manfaat berupa kelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi warga, dan mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Setiap tahun emisi karbon yang terserap di Hutan Rakyat tersebut minimal 3.853 tonC/Ha.

Sedangkan konservasi mangrove di Kampung Blekok, sebagai bagian untuk mitigasi perubahan iklim. Upaya konservasi tersebut disinergikan juga dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui ekowisata dan ekonomi kreatif.

Chief Financial Officer Paiton Energy, Bayu Widyanto mengatakan Perusahaan peduli dan aktif melakukan investasi lingkungan karena keragaman hayati sangat penting untuk menjaga kelestarian bumi. Ini sebagai upaya membangun masa depan bersama untuk semua kehidupan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut