get app
inews
Aa Read Next : Upayakan Beri pendidikan Lingkungan,PE Ajak Anak Panti Asuhan Melihat Pengelolaan Sampah Jadi Energi

Tiga Hari, PE-POMI Berhasil Kumpulkan 18 Ton Sampah di Pesisir Pantai Utara

Kamis, 06 Juli 2023 | 18:01 WIB
header img
Proses pengumpulan sampah oleh warga dan aktivis lingkungan pada acara PE-POMI (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Selama tiga hari PT Paiton Energy dan PT Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI) berhasil mengumpulkan 18 ton sampah pesisir pantai utara. Sampah itu dikumpulkan saat acara bersih pantai, salah satunya di Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Semuanya merupakan sampah non organik yang terdiri dari sampah plastik, pakaian, popok, botol kaleng, dan lainnya, yang selanjutnya sampah-sampah tersebut dibawa dan dikelola di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Situbondo.

Senior Chemist and Environmental Engineer Erwan Yulianto, yang mewakili PE-POMI mengatakan, bersih sampah itu merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang rutin digelar setiap tahunnya.

Dan kegiatan pembersihan pantai itu, mencerminkan semangat perusahaan dalam mendorong kesadaran lingkungan dan kepedulian terhadap kelestarian alam sekitar untuk mitigasi perubahan iklim.

"Kegiatan pembersihan pantai tersebut juga merupakan misi Perusahaan dalam mitigasi perubahan iklim," paparnya, Kamis (6/7/2023)

Selain bersih sampah, kegiatan pengamanan 1000 pohon mangrove di pesisir Kecamatan Banyuglugur dan Kecamatan Panarukan. 

"Kegiatan ini juga sangat penting untuk menjaga ekosistem Mangrove yang merupakan habitat alami berbagai spesies flora dan fauna," ucapnya.

Sementara itu, Human Resources Manager POMI, Rochman Hidayat mengatakan, selain kegiatan penanaman, perusahaan juga membangun tembok pemecah ombak dari bambu untuk melindungi bibit Mangrove dari dampak benturan ombak dan abrasi, sehingga tanaman tetap terlindungi.

"Melalui kegiatan ini, perusahaan berupaya menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan mempromosikan pentingnya pelestarian Mangrove sebagai bagian dari warisan alam yang berharga," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut