get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Peringati HUT ke-78 RI, PE-POMI Gandeng Masyarakat Situbondo Bersih-bersih Pantai

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:54 WIB
header img
Pelaksanaan bersih sampah (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

SITUBONDO, iNewsProbolinggo.id - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, PT Paiton Energy (PE) dan PT Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI) bersama masyarakat, menggelar kegiatan bersih pantai (Coastal Clean Up).

Pada kegiatan yang digelar di pesisir pantai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo itu, PE-POMI dan masyarakat mampu mengumpulkan 7,5 ton sampah. 

Senior Chemist and Environmental Engineer PT POMI, Erwan Yulianto mengatakan, adanya kegiatan tersebut, untuk mensosialisasikan pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga dan penggunaan produk ramah lingkungan.

Sehingga mampu meningkatkan kepedulian masyarakat, terhadap kebersihan lingkungan pesisir, serta menumbuhkan kesadaran bersama, bahwa sampah di pesisir memberikan dampak buruk bagi perkembangan biota dan ekosistem laut.

"Kelestarian biota dan ekosistem laut, salah satu kunci untuk mitigasi perubahan iklim," terangnya, Rabu (16/8/2023).

Erwan menjelaskan, jika kegiatan pembersihan lingkungan pantai tersebut, memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem laut. Setiap individu juga memiliki tanggung jawab penuh, terhadap pengelolaan sampahnya sendiri untuk mengurangi polusi terhadap lingkungan.

"Kegiatan ini menjadi langkah awal, yang berarti dalam memajukan visi Indonesia bebas sampah 2025, sembari merayakan kemerdekaan RI," ucapnya.

Wabup Khoirani menuturkan, saat ini pentingnya melestarikan alam untuk generasi penerus, sudah menjadi komitmen bersama antar pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan baik.

"Dalam hal ini, Pemerintah Situbondo mendukung penuh program Indonesia Bebas Sampah," ujarnya

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut