get app
inews
Aa Read Next : Viral! Mobil Ambulans Dilarang Isi Solar di SPBU sampai Harus Turunkan Keranda Jenazah 

Polres Probolinggo Kota Gelar Kegiatan Khatam Alqur an Untuk Para Tahanan

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 13:10 WIB
header img
Para tahanan saar mengikuti kegiatan khataman Al Qur an (foto : iNewsProbolinggo.id /Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo kota menggelar kegiatan khataman Al-Quran rutin yang digagas Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Oki Ahadian P. S.I.K., M.H.

Suara lantunan ayat-ayat suci Al Quran terdengar berkumandang dengan merdu di ruang tahanan Polres Probolinggo Kota, Jumat (11/10/2024). 

"Tidak hanya di Polres, khataman Al-Quran ini juga dilaksanakan serentak di Polsek jajaran. Setiap Jumat," jelas Kapolres Probolinggo kota.

Meski puluhan tahanan ini merupakan pelaku tindak kejahatan, namun rata-rata mereka tetap fasih dan lancar saat membaca Al-Qur'an. 

Selain khataman yang dilakukan setiap Jumat, para tahanan juga ikut secara rutin melaksanakan kegiatan ibadah.

Kapolres menyebut, program Khataman Al-Quran ini dilaksanakan sebagai bentuk pengingat, bahwa para tahanan juga manusia biasa yang memerlukan kebutuhan rohani.

Sedangkan untuk para anggota jajaran, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk pembinaan rohani tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperkuat kecintaan terhadap ajaran Islam. Kegiatan ini cocok menjadi momentum untuk introspeksi diri dan memperkuat komitmen dalam menjalankan tugas kepolisian.

"Tentunya, agar mereka bisa tetap ingat kepada Sang Pencipta, meski berada di tahanan. Harapan panjangnya, mereka bisa bertaubat, tidak mengulangi perbuatannya ketika nanti bebas. Dan untuk anggota, tentunya agar Iman para anggota tetap terjaga sehingga mereka dalam melaksanakan tugas, senantiasa selalu berusaha untuk berbuat kebaikan," tambah Oki.

Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini menyampaikan bahwa program Khataman Al-Quran ini melibatkan para santri di wilayah polres maupun polsek jajaran. 

Kapolres juga berharap bahwa melalui kegiatan khataman ini, para anggota kepolisian dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari proses khataman Al-Qur'an.

Penekanan moral dan spiritual menjadi hal penting agar mereka dapat terus mengembangkan kualitas dalam menjalankan tugas dan melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

“Khusus mulai Jumat ini, Polres juga melakukan Jumat berkah. Jadi kami juga membagikan paket sembako untuk para tukang becak yang melintas didepan Polres dengan harapan sedikit bantuan ini bisa meringankan beban mereka.” ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut