get app
inews
Aa Read Next : KPU Serahkan Hasil Verifikasi Paslon Pilwali Kota Probolinggo

Hari Jadi Kota Probolinggo ke 665, Pemkot Gelar Apel Pembukaan

Kamis, 05 September 2024 | 08:03 WIB
header img
Suasanan perayaan Hari jadi kota Probolinggo ( foto : iNewsProbolinggo / Ide Raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk memperingati Hari Jadi Kota Probolinggo (Hadipro) ke 665, Pemerintah Kota menggelar apel pembukaan di Lapangan Stadion Bayuangga,dan dipimpin langsung oleh PJ Walikota Nurkholis, pada Rabu (4/9/2024) pagi.

Dalam sematan upacara tersebut, juga dihadiri oleh seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo, anggota DPRD Kota Probolinggo, Forkopimda, dan tamu undangan.

Sedangkan peserta upacara ada panji, perwakilan pelajar, perwakilan kecamatan dan kelurahan, serta elemen masyarakat lainnya. 

Sebelum upacara dimulai, lebih dulu ada tampilan tari-tarian dari 300 siswa di Kota Pronolinggo. Adapun tari yang ditampilkan meliputi Tari Jaran Bodhag sebagai pembuka, Tari Lengger, Tari Jebing Mayangan, dan tari Nyelok Banyu. 

Rampung penampilan tari-tarian, upacara dimulai. Setelah pengibaran bendera, ada pembacaan sejarah Kota Probolinggo oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo Siti Romlah yang juga disampaikan oleh Pj Wali Kota Nurkholis. 

Nurkholis berkata, sejarah mencatat tanggal 4 September 1359 adalah momen dibabatnya hutan Banger. Kemudian pada tanggal 28 September 1359 diresmikan oleh Prabu Hayam Wuruk sebagai pusat perdagangan rempah-rempah hasil bumi Probolinggo. 

Di tahun 1950 Probolinggo ditetapkan sebagai kota administratif. Keputusan ini membuka jalan bagi pembangunan yang lebih terarah. Pemkot mulai memperbaiki fasilitas umum seperti jalan raya, sekolah dan rumah sakit.

"Salah satu tonggak penting dalam sejarah Kota Probolinggo adalah pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga. Diketahui, keberadaan pelabuhan ini semakin memperkokoh posisi Kota Probolinggo sebagai pusat perdagangan regional," terangnya.

Ia menyampaikan tema peringatan Hari Jadi ke-665 Kota Probolingggo tahun 2024 adalah 'Dengan Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Kota Probolinggo Maju dan Sejahtera'. Menurutnya Kota Probolinggo kini menjadi kota yang berkembang dan tumbuh pesat. 

"Untuk itu, saya ucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman di wilayah Kota Probolinggo," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut