get app
inews
Aa Read Next : KPU Serahkan Hasil Verifikasi Paslon Pilwali Kota Probolinggo

Stasiun Kota Probolinggo, Jadi Jujukan Favorit Wisatawan Asing Saat Berlibur di Indonesia

Senin, 12 Agustus 2024 | 20:48 WIB
header img
Wisatawan asing saat berada di stasiun Kereta Api kota Probolinggo ( foto : iNewsProbolinggo.id / Raphel Azizah)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Kereta api menjadi moda transportasi favorit untuk wisatawan mancanegara, ketika sedang berlibur di Indonesia, khususnya tanah jawa. 

Dari hal tersebut, Stasiun Probolinggo yang berada di jalan KH. Mansyur, Kecamatan Mayangan ini menjadi jujukan utama para pelancong luar negeri, tercatat dari bulan januari hingga pertengahan bulan agustus tahun 2024, ada 13.549 Warga Negara Asing (WNA) berangkat dari Probolinggo menuju daerah lain.

Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro mengatakan, jika dibanding tahun 2023 lalu, saat ini jumlah wisatawan asing yang menggunakan transportasi masal itu meningkat sebanyak 400 persen.

"Di tahun 2023 kami PT Kai Daop 9, melayani sebanyak 2.723 penumpang mancanegara, itu karena lokasi Stasiun Probolinggo ini dekat dengan Gunung Bromo, yang memang menjadi tujuan utama destinasi wisata internasional, sebelum ke destinasi wisata selanjutnya seperti ke Jogja, dan Banyuwangi, untuk menyebrang ke Pulau Bali," terangnya, pada senin (12/8/2024).

Tercatat selama bulan juli lalu menjadi jumlah kunjungan tertinghi, ada 3.499 WNA yabg menggunakan jasa kereta api. Bahkan selama kurun waktu dua minggu terakhir, ada 2.172 penumpang turis mancanegara.

"Para wisatawan yang menggunakan jasa kereta api ini berasal dari berbagai negara, antara lain seperti Kawasan Asia, Eropa, Amerika, Oceania, dan Afrika, sedangkan dalam kurun waktu dua minggu terakhir ini didominasi Warga Negara Perancis, ada2.808 orang, dan sebanyak 2.200 orang Wisatawan daei Cina," ujarnya.

Cahyo berharap, dari halbtersebut, mampu meningkatkan pelayanan, dan Kai bisa menjadi duta transportasi untuk Bangsa Indonesia.

“Semoga KAI Daop 9 Jember dapat memberikan kesan positif untuk terus mempromosikan kemajuan Indonesia melalui perkeretaapian. Sekaligus sebagai dukungan nyata KAI bagi dunia pariwisata Indonesia,” tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut