get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Alif Lari 5 Kilometer dari Rumah Menuju Sekolah, Demi Wujudkan Mimpi Jadi Tentara

Kisah Michael, Anak Sopir Dilantik jadi Perwira Remaja Polri, Bukti Tak Ada yang Tak Mungkin 

Kamis, 18 Juli 2024 | 11:59 WIB
header img
Michael, yang lahir pada 27 Maret 2002, telah menunjukkan kepada orang tuanya bahwa dia mampu menjadi abdi negara. Foto: Dok Polri

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 247 perwira remaja Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 55 di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (16/7/2024). Salah satu dari perwira yang dilantik adalah Michael Darmawan Cahyadi Josua.

Michael, yang lahir pada 27 Maret 2002, telah menunjukkan kepada orang tuanya bahwa dia mampu menjadi abdi negara. Ia memilih mendaftar ke Akpol karena tidak ingin membebani orang tuanya setelah lulus SMA.

"Saya mendaftar ke Akpol karena setelah SMA, saya tidak ingin membebani orang tua. Jadi, saya mencari sekolah kedinasan. Kebetulan, waktu itu ada sosialisasi rekrutmen Polri dari Polres Metro Depok di sekolah saya. Ketika saya meminta izin, ibu sempat merasa keberatan. Namun akhirnya, kedua orang tua saya memberikan izin," kata Josua.

Ibu dan ayah Michael, Dewi Sufaningsih Saputra dan Lie Yosep, tidak pernah menyangka bahwa anak kedua mereka tertarik menjadi polisi.

Lie, yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan hanya bekerja sebagai sopir paruh waktu, menyerahkan seluruh keputusan kepada Michael. Ia juga tidak menyangka anaknya bisa lolos seleksi Akpol tanpa mengeluarkan biaya.

"Terus terang, kondisi ekonomi kami tidak memungkinkan untuk menyekolahkan Michael ke jenjang yang lebih tinggi. Begitu mendengar bahwa Michael ingin masuk sekolah kedinasan, saya mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk anak saya," kata Lie.

Sementara itu, Dewi sempat khawatir anaknya tidak dapat mengikuti latihan fisik di Akpol.

"Sebagai ibu, tentu ada rasa khawatir. Namun, melihat ketekunan anak saya, dan terutama karena dia berhasil lolos setiap tahap seleksi, akhirnya saya mendukung sepenuhnya. Sebagai orang tua, saya hanya ingin Michael bahagia," ujar Dewi.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut