get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif, Petani di Lumajang Sulap Air Terjun Jadi Listrik untuk Desa di Kaki Gunung Semeru

Kisah Toni Sugiantoro, Anak Bakol Peyek Lolos jadi Polisi berkat Salat Tahajud dan Puasa sang Ibu

Jum'at, 12 Juli 2024 | 08:38 WIB
header img
Toni Sugiantoro (kanan), anak penjual peyek yang lolos jadi polisi. Foto iNewsSurabaya/zainul arifin

JOMBANG, iNewsProbolinggo.id - Toni Sugiantoro, seorang pemuda berusia 21 tahun, telah menorehkan kisah inspiratif yang mengharukan. Berasal dari keluarga sederhana di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Toni adalah putra dari Endang Sukesi (52) dan almarhum Pitoro.

Setelah kehilangan kakaknya, Toni menjadi satu-satunya anak dalam keluarga tersebut, tinggal bersama ibunya yang sehari-hari berjualan rempeyek dan permak baju dengan penghasilan yang tidak menentu.

Meskipun hidup dalam keterbatasan, semangat Toni untuk meraih cita-citanya tidak pernah pudar. "Alhamdulillah anak-e bakul (penjual) peyek jadi polisi," tulis Toni di sebuah kertas besar, menandai keberhasilannya lolos seleksi sebagai calon anggota Polri.

Dengan tekad bulat untuk mengangkat derajat keluarganya dan membahagiakan sang ibu, Toni bekerja keras mempersiapkan diri.

Tahun 2024 ini adalah batas maksimal usianya untuk mendaftar menjadi anggota Polri, dan ia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. "Saya ingin orangtua saya bangga. Apalagi Ibu hanya berjualan rempeyek dan permak baju. Bapak sudah meninggal, kakak juga sudah meninggal, tahun ini adalah batas umur saya mendaftar," ujarnya penuh semangat.

Sambil berlatih keras, Toni juga tetap membantu ibunya membuat rempeyek untuk dijual. Berkat kegigihan dan kesungguhannya, Toni berhasil lulus seleksi yang ketat dan akan mengikuti pendidikan tamtama pada 23 Juli 2024 mendatang.

"Alhamdulillah masuk Polri gratis tidak bayar sama sekali, hanya bimbel (bimbingan belajar) tapi itu juga dibantu orang baik dan terus memberikan semangat kepada saya agar selalu fokus mengejar cita-cita," kata Toni dengan wajah semringah.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut