get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Orang Tua Desa Glagah Diwisuda SOTH Setelah Selesaikan Beberapa Kali Pertemuan

Gelar Wisuda Ma'had Aly di Utama Raya, Cara Nurul Qodim Kenalkan Pendidikan Pesantren Yang Diakui

Sabtu, 29 Juni 2024 | 21:21 WIB
header img
pelaksanaan wisuda (foto : iNewsProbolinggo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Ma'had Aly Nurul Qodim, Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menggelar menggelar wisuda ke 4, di Ballroom Utama Raya, Kabupaten Situbondo pada Sabtu (29/6/2024) pagi. 

Pemilihan lokasi wisuda di luar pesantren tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Ma'had Ali juga diakui oleh pemerintah sebagai perguruan tinggi pesantren yang setara dengan perguruan tinggi umum atau strata 1 (S1).

Ketua Yayasan Nurul Qodim KH. Abdul Hadi Noer mengatakan, jika ada sebanyak 56 maha santri yang sudah  menyelesaikan pendidikannya di Ma'had Aly Nurul Qodim. Dengan begitu puluhan maha santri tersebut diwisuda pada Sabtu (29/6)

"Mudah-mudahan mereka mendapat ilmu bermanfaat bisa mengabdi di tengah masyarakat," katanya.

Kiai yang karin disapa Gus Hadi itu menjelaskan jika pemilihan tempat wisuda di luar pesantren tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwasanya pendidikan Ma'had Aly juga diakui pemerintah. 

"Harapannya maha santri yang lulus ini lebih bisa berkiprah di tengah masyarakat," paparnya.

Disamping itu Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kementrian Agama RI Prof Dr. H. Waryono Abdul Ghofur yang turut hadir dalam acara wisuda tersebut, mengapresiasi wisuda yang digelar di luar pesantren tersebut.

"Harapannya ke depan dapat di ikuti oleh Ma'had Aly yang lain. Dan semoga para maha santri yang telah diwisuda bisa berkiprah langsung," ucapnya.

Senada diutarakan Ketua LPPD Provinsi Jawa Timur Prof. Dr. KH. Abdul Halim Soebahar. Menurutnya, pesantren Nurul Qodim merupakan pesantren yang sudah tua dan terkenal dengan ilmu alatnya.

"Dengan kegiatan di luar ini, akan lebih mengenalkan pesantren dan alumninya kepada orang luar," ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut