get app
inews
Aa Read Next : Bocil Nekat Mudik Naik Sepeda Sendirian Lewat Jembatan Suramadu

Kisah Najwa Siswi SMP dari Sampang ke Lumajang demi Mencari Ilmu hingga Raih Prestasi Internasional

Selasa, 14 Mei 2024 | 08:23 WIB
header img
Najwa Ameera Kurniawan siswi SMP asal Sampang Madura, yang berprestasi di mata pelajaran matematika. Foto: Kemendikbud

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Kisah inspiratif berasal dari seorang siswi SMP bernama Najwa Ameera Kurniawan yang telah mencapai prestasi gemilang dalam bidang matematika. Dengan tekad yang kuat, Najwa rela menempuh perjalanan sejauh 500 kilometer demi mengejar ilmu.

Keberhasilan yang dicapainya tidak lepas dari dukungan besar yang diberikan oleh kedua orang tuanya dalam setiap langkahnya. Dukungan tersebut menjadi kunci bagi Najwa untuk meraih berbagai prestasi gemilang.

Najwa bukan hanya menjadi finalis OSN 2023, tetapi juga telah meraih banyak penghargaan seperti medali perak dalam TIMO (Thailand International Mathematical Olympiad) pada tahun 2018, medali emas dalam HKIMO (Hong Kong International Mathematical Olympiad) pada tahun 2019, serta medali perak dalam KOSSMI (Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia) pada tahun 2023. Selain itu, dia juga menjadi juara pertama dalam Olimpika Exploration IV se-Jawa Timur pada tahun 2023, serta meraih medali perunggu dalam PHI (Paket Hari Ilmiah) tahun 2024, dan prestasi lainnya.

"Guru pendamping Najwa, Erinarsih, mengungkapkan bahwa Najwa telah menunjukkan ketekunan belajar yang luar biasa sejak kelas 1 SD. Dia selalu menjadi yang terdepan di antara teman-temannya. Ketika teman-temannya bermain, Najwa lebih memilih untuk membaca buku di waktu istirahat sekolah. Dia tidak pernah berpisah dengan bukunya. Bahkan saat bermain, dia masih menyempatkan untuk membaca," ujar Erinarsih, mengutip dari laman resmi Kemendikbud pada Selasa (14/5/2024).

Namun, dalam perjalanan meraih prestasinya, Najwa juga menghadapi berbagai kesulitan. Dia mengungkapkan kesulitannya dalam mencari tempat bimbingan belajar di wilayah pedesaan tempat tinggalnya. Akibatnya, Najwa harus menempuh perjalanan ratusan kilometer untuk belajar.

"Saya harus melakukan perjalanan sejauh ±500 kilometer ke Lumajang saat waktu luang untuk mengikuti pembinaan," kata Najwa Ameera, siswi dari SMPS Sabilillah Sampang Madura, yang juga menjadi finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2022.

Najwa menceritakan betapa bangganya orang tuanya ketika dia menjadi finalis OSN SD pada tahun 2022. Hal ini menjadi motivasi terbesarnya untuk terus meraih prestasi. Kadang-kadang, ketika semangat belajarnya merosot, Najwa selalu mengingat perjuangan orang tuanya yang begitu besar.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut