get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Tanpa Mahar, PDI Perjuangan Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota

Kamis, 25 April 2024 | 20:14 WIB
header img
Ketua DPC PDI Perjuangan bersama semua pengurus partai (foto: iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo membuka pendaftaran bakal calon Walikota (Bacawali) dan Bakal calon wakil walikota (bacawawali) untuk umum tanpa mahar.

Pendaftaran itu dibuka mulai tanggal 25 April hingga 29 April 2024, pembukaan pendaftaran itu dilakukan menjelang Pilkada 2024 dan atas instruksi Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo Nasution menyatakan bahwa sesuai dengan instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Setiap pengurus di daerah diminta untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik daerah yang berkeinginan untuk maju dalam Pilkada 2024 ini khususnya Kota Probolinggo.

"Kami diminta untuk membuka penjaringan dan pendaftaran calon Walikota dan wakil walikota sesuai instruksi dari ibu Ketua umum. Siapapun putra daerah yang ingin maju, kami mengundang mereka untuk mendaftar," ujar Nasution Selasa, (23/4/2024).

Sementara ditempat terpisah, Sukardi Mitho, Sekretaris Tim 5 Pendaftaran dan Penjaringan menjelaskan, pembukaan pendaftaraan ini dibuka secara umum baik dari warga biasa maupun dari kalangan Partai diluar PDI Perjuangan.

"Dalam pendaftaran ini untuk biaya atau mahar Politik itu tidak ada, jadi pendaftaran ini benar-benar transparan. Kita ingin memberikan seluas- luasnya kesempatan kepada putra-putri terbaik daerah, baik yang menetap maupun yang bertempat tinggal di luar kota," terang Soekardi, Kamis ( 25/04/24).

Ditanya terkait lobi politik ke partai lain, Sukardi menjelaskan partainya belum melakukan lobi politik dengan partai manapun terkait Pilwali Kota Probolinggo kalau sekedar untuk komunikasi itu ada.

"Dengan adanya pendaftaran ini, siapun yang menjadi calonnya nanti akan diberikan tugas politik termasuk lobi-lobi politik terkait koalisi, mengingat saat ini kursi legislatif yang dimiliki kami berjumlah 5, namun untuk basis masa kita masih solid yang merupakan modal utama di partai kami ," tegasnya.

Diketahui proses pendaftaran akan diawali dengan pengambilan formulir oleh calon yang kemudian harus dikembalikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Bagi yang ingin mendaftar dapat langsung datang ke kantor DPC PDI Perjuangan yang berlokasi di Jalan Brantas, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut