get app
inews
Aa Read Next : Upayakan Beri pendidikan Lingkungan,PE Ajak Anak Panti Asuhan Melihat Pengelolaan Sampah Jadi Energi

Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Sabtu, 13 Januari 2024 | 10:12 WIB
header img
Sumber foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi Indonesia. Gas alam digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik, industri, dan rumah tangga. Indonesia merupakan salah satu negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia.

Menurut data Kementerian ESDM, cadangan gas alam terbukti di Indonesia mencapai 242,3 TCF (triliun kaki kubik). Cadangan tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dengan beberapa daerah yang memiliki cadangan gas alam terbesar, yaitu:

  1. Maluku

Maluku merupakan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Cadangan gas alam terbukti di Maluku mencapai 13,988 TCF. Cadangan gas alam di Maluku tersebar di berbagai wilayah, seperti Maluku Utara, Maluku Tenggara, dan Maluku Tengah.

  1. Papua

Papua merupakan daerah penghasil gas alam terbesar kedua di Indonesia. Cadangan gas alam terbukti di Papua mencapai 11,447 TCF. Cadangan gas alam di Papua tersebar di berbagai wilayah, seperti Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

  1. Natuna

Natuna merupakan daerah penghasil gas alam terbesar ketiga di Indonesia. Cadangan gas alam terbukti di Natuna mencapai 4,187 TCF. Cadangan gas alam di Natuna tersebar di wilayah WK Natuna D-Alpha.

  1. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan daerah penghasil gas alam terbesar keempat di Indonesia. Cadangan gas alam terbukti di Kalimantan Timur mencapai 2,684 TCF. Cadangan gas alam di Kalimantan Timur tersebar di berbagai wilayah, seperti Kutai Kartanegara, Berau, dan Bulungan.

  1. Sumatra

Sumatra merupakan daerah penghasil gas alam terbesar kelima di Indonesia. Cadangan gas alam terbukti di Sumatra mencapai 2,341 TCF. Cadangan gas alam di Sumatra tersebar di berbagai wilayah, seperti Sumatra Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Cadangan gas alam yang besar di Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian nasional. Gas alam dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik, industri, dan rumah tangga.

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan produksi gas alam. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional dan meningkatkan ekspor gas alam.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut