get app
inews
Aa Read Next : Dirumorkan Bakal Maju Pilkada Kabupaten Probolinggo, Ini Jawaban Pj Bupati Ugas

Di Malam Tahun Baru, PJ Bupati Probolinggo Resmikan Perlintasan Sebidang KA Hingga Gelar Doa Bersama

Senin, 01 Januari 2024 | 13:54 WIB
header img
Pj bupati probolinggo saat meresmikan perlintasan sebidang KA (foto : iNewsProbolinggo.id/didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Malam pergantian Tahun 2023 - 2024, Pejabat (PJ) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya melakukan pengecekan dan mengkiti zoom meeting dengan Kapolri di Pos Pengamanan Leces, Minggu (31/12/2023) malam.

Usai mengikuti zoom meeting, PJ Bupati Probolinggo memberikan bingkisan kepada petugas yang berada di Pos Pengamanan Leces, dilanjut dengan Meresmikan Perlintasan sebidang palang pintu dan pos Jaga perlintasan Kereta Api (KA).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh PJ Bupati Ugas Irwanto dan pemecahan kendi oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo di dampingi sejumlah OPD dan Forkopimka Leces.

Acara dilanjut dengan Diskusi keselamatan di Perlintasan sebidang kereta api dihadiri Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto serta beberapa OPD dengan diikuti oleh Forkopimka Tongas, Sumberasih, Leces dan Tegalsiwalan serta 17 Kepala Desa (Kades) dari Kecamatan Tongas, Sumberasih, Leces dan Tegalsiwalan.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membangun 5 palang pintu dan pos jaga perlintasan sebidang kereta api diantaranya Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 17, JPL 18, JPL 12A, JPL 180, danJPL 168 dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Probolinggo serta 2 perlintasan sebidang JPL kereta api dari APBD Provinsi Jawa Timur.

Usai melaksanakan Diskusi, PJ Bupati Probolinggo beserta rombongan bergeser ke Kantor Bupati di Jalan Panglima Sudirman, kota Kraksaan untuk melaksanakan doa bersama dengan seluruh pegawai Pemkab Probolinggo di malam pergantian tahun tepat pukul 00.00 WIB.

PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan dalam menyambut tahun baru 2024 ini, ia melaksanakan pengecekan di beberapa pos pengamanan yang ada di Kabupaten Probolinggo serta memberikan himbauan dan diskusi bersama kepala desa yang dilalui jalur kereta api.

"Karena di tahun 2023 kita banyak mengalami kecelakaan kereta api jadi kita harus mengatisipasi agar di tahun 2024 ini tidak terjadi lagi", jelasnya.

Selanjutnya ia bergeser ke Kantor Pemkab Probolinggo untuk melaksanakan doa bersama dengan harapan pada tahun 2023 yang telah melewati banyak hal dan rintangan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga ditahun 2024 ini lebih baik lagi, dimalam ini pak kiai telah mendoakan dan forkopimda beserta tim telah membuat kesepakatan dan bertekad bersama, 2024 kita harus kebih baik. 

Apapun kendala yang kita hadapi, kita akan bersama - sama dengan seluruh jajaran forkopimda dengan para kiai dan media serta seluruh elemen masyarakat di tahun politik ini tetap aman dan masyarakat bisa mendapat manfaat dengan program - program dari Pemerintah kabupaten", ungkap PJ Bupati Probolinggo.

Untuk peresmian Perlintasan sebudang, lanjut PJ Bupati Ugas, merupakan langkah Pemerintah Daerah bersama Forkopinda, hanya ingin mengingatkan dengan mengumpulkan 17 Kepala Desa bahwa nyawa warga itu sangat penting.

"Nyawa warga kita ini sangat penting, kadang kita tidak terlalu peduli dengan jalur - jalur kereta api yang tidak ada portalnya. Kalau semua kita tanggung, maka kita tidak bisa membangun karena infrastruktur yang kita butuhkan, maka dari itu kita mengajak beberapa Kepala Desa.

 Ayo kita bareng - bareng dengan tanggung jawab bersama mulai dari Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Desa, siapa pun warga yang melintas disana kita harus menjaga bersama karena nyawa seseorang itu yang harus kita dahulukan", pungkas PJ Bupati Probolinggo.

Sementara, Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan dalam kegiatan malam ini adalah kegiatan untuk menyongsong tahun baru 2024 telah melakukan beberapa kegiatan salah satunya malaksanakan patroli dan pengecekan wilayah yang menjadi spot di masyarakat untuk merayakan tahun baru.

"Kami tadi juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang merugikan terhadap sesama seperti petasan dan tadi juga hampir ada balapan tapi bisa kita cegah bersama TNI dan Polri disitu", ungkapnya.

Hal tersebut menunjukkan masyarakat Probolinggo mudah dikasih tahu serta kondusif. Di tahun 2024 nanti ada pemilu dan pilpres serta pilkada diharapkan keadaan kondusifitas seperti ini bisa dipertahankan.

"Kami juga berharap kekompakan seluruh elemen, karena tidak mungkin kita sendiri yang bekerja tanpa dukunga dan kebersamaan dari masyarakat Kabupaten Probolinggo", ucap Dandim 0820 Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut