get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin Sebabkan Sungai Regoyo Meluap Rendam Permukiran Warga

Daerah Penghasil Batik Terbaik di Jawa Timur

Rabu, 06 Desember 2023 | 15:05 WIB
header img
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sentra batik. Beberapa daerah penghasil batik terbaik di Jawa Timur adalah:

Pulau Madura

Madura merupakan salah satu daerah penghasil batik terbesar di Jawa Timur. Batik Madura memiliki ciri khas tersendiri, yaitu motifnya yang cenderung geometris dan menggunakan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.

Kabupaten Tulungagung

Kabupaten Tulungagung juga merupakan salah satu daerah penghasil batik yang terkenal di Jawa Timur. Batik Tulungagung memiliki ciri khas tersendiri, yaitu motifnya yang cenderung abstrak dan menggunakan warna-warna yang natural, seperti coklat dan krem.

Kabupaten Pacitan

Kabupaten Pacitan juga memiliki sentra batik yang cukup terkenal. Batik Pacitan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu motifnya yang cenderung sederhana dan menggunakan warna-warna yang lembut, seperti biru dan hijau muda.

Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo memiliki sentra batik yang dikenal dengan sebutan Kampung Batik Tulis Jetis. Batik Sidoarjo memiliki ciri khas tersendiri, yaitu motifnya yang cenderung klasik dan menggunakan warna-warna yang elegan, seperti hitam, emas, dan perak.

Kabupaten Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi juga memiliki sentra batik yang cukup terkenal. Batik Banyuwangi memiliki ciri khas tersendiri, yaitu motifnya yang cenderung natural dan menggunakan warna-warna yang cerah, seperti kuning, hijau, dan merah.
Selain daerah-daerah tersebut, masih banyak lagi daerah di Jawa Timur yang menghasilkan batik yang berkualitas. Batik Jawa Timur memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu produk kerajinan tangan yang populer di Indonesia.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut