get app
inews
Aa Read Next : Bunga Blimbing Wuluh Bisa Meredakan Batuk? Simak Manfaat Di Bawah Ini

Makanan Unik di Indonesia, Dari yang Eksotis hingga yang Unik

Selasa, 07 November 2023 | 09:34 WIB
header img
Foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan kuliner. Salah satu hal yang membuat kuliner Indonesia unik adalah bahan-bahan yang digunakan, yang terkadang tidak biasa ditemukan di negara lain. Berikut adalah beberapa makanan unik di Indonesia yang wajib Anda coba:

1. Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu merupakan makanan khas Papua yang terbuat dari ulat sagu yang dibakar. Ulat sagu merupakan larva dari kumbang sagu yang hidup di pohon sagu. Ulat sagu memiliki rasa yang manis dan gurih, dan sering diolah menjadi berbagai macam makanan, termasuk sate.

2. Tempoyak

Tempoyak merupakan sambal yang terbuat dari durian yang difermentasi. Tempoyak memiliki rasa yang asam dan gurih, dan sering digunakan sebagai bumbu untuk berbagai macam masakan, seperti gulai tempoyak, sambal tempoyak, dan tempoyak ikan.

3. Gulai Siput

Gulai siput merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari siput yang dimasak dengan santan dan berbagai macam rempah-rempah. Gulai siput memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan sering disajikan dengan nasi hangat.

4. Ampiang Dadiah

Ampiang dadiah merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ampiang dan dadih. Ampiang merupakan beras ketan yang ditumbuk, sedangkan dadih adalah susu kerbau yang difermentasi. Ampiang dadiah memiliki rasa yang manis dan gurih, dan sering disajikan dengan sirup merah.

5. Mie Lendir

Mie lendir merupakan makanan khas Riau dan Batam yang terbuat dari mie yang terbuat dari tepung sagu. Mie lendir memiliki tekstur yang kenyal dan licin, dan sering disajikan dengan berbagai macam topping, seperti ayam, udang, atau telur.

Itulah beberapa makanan unik di Indonesia yang wajib Anda coba. Makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang unik dan lezat, dan akan membuat Anda semakin mengenal kekayaan kuliner Indonesia.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut