get app
inews
Aa Read Next : Makhluk Perusak Ya'juj Ma'juj Keringkan Danau Thabariyah, Apa Hubungan Mereka dengan Dajjal? 

Sejarah Danau Thabariyah dalam Islam, Hadits Nabi Ingatkan Kemunculan Yajuj Majuj, Pertanda Kiamat?

Selasa, 03 Oktober 2023 | 09:38 WIB
header img
Sejarah Danau Thabariyah dalam Islam. Foto: Instagram

JERUSALEM, iNewsProbolinggo.id - Danau Thabariyah ternyata memilki sejarah khusus untuk 3 agama Abrahamik, yakni Kristen, Yahudi hingga Islam.

Menurut agama Islam, dalam hadits Nabi Muhammad SAW dijelaskan Danau Thabariyah akan menjadi petunjuk kemunculan Yajuj Majuj dan Dajjal di akhir zaman sebagai pertanda kiamat.

Sebelum mengenal sejarah Danau Thabariyah, ternyata danau ini memiliki beberapa nama, diantaranya Danau Galilea, Danau Genesaret, Danau Kineret, Danau Kinerot, Laut Tiberias, atau Danau Tiberias.  Dalam bahasa Atab danau ini diberi aa Danau Thabariyah.

Danau Thabariyah terletak di antara dataran tinggi Golan dan dataran tinggi Kota Galilea, Palestina. Secara geografis, danau ini berada di wilayah Suriah dan Palestina, tetapi secara politis dikuasai oleh Israel.

Danau ini memiliki luas 166 kilometer persegi dengan kedalaman 43 meter. Terletak 211,315 meter di bawah permukaan laut, menjadikannya danau air tawar terendah di dunia. Air utama untuk danau ini berasal dari sungai Yordan yang mengalir dari utara ke selatan.

Sejarah Danau Thabariyah dalam Islam

Menurut agama Islam, Danau Thabariyah akan menjadi tanda akhir zaman, karena danau inilah yang dimaksudkan dalam hadis Nabi akan habis airnya diminum oleh Yajuj dan Majuj.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut