get app
inews
Aa Read Next : Dajjal Itu Ternyata Mandul, Kaki Berbentuk Letter O, Rambut Keriting tapi Masih Muda 

Dalam Hadist Ada 7 Golongan Pengikut Dajjal, Siapa Saja? Ini Datanya

Kamis, 01 Februari 2024 | 08:47 WIB
header img
Dalam agama Islam, Dajjal digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan merupakan sumber dari segala fitnah besar menjelang hari kiamat. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.Probolinggo.id - Dalam agama Islam, Dajjal digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan merupakan sumber dari segala fitnah besar menjelang hari kiamat.

Siapa saja yang termasuk golongan pengikut Dajjal? Menurut hadits Nabi, Dajjal dijelaskan sebagai seorang pemuda berambut keriting dan bermata satu karena mata sebelah kanan buta.

Kedatangan Dajjal menandakan bahwa dunia sudah menua dan akan mengalami akhir. Ia mengaku sebagai Nabi, namun sebenarnya berdusta kepada siapa saja, termasuk Allah SWT.

Pada masa itu, banyak manusia terpengaruh oleh fitnah Dajjal yang mengklaim dirinya sebagai Tuhan. Sosok yang digambarkan dalam hadits dengan mata satu di keningnya mengajak umat manusia kepada kesesatan dan tak ragu untuk membunuh mereka yang menentang perintahnya.

Menurut Shahih Jurnal Kewahyuan Islam UIN Sumatera Utara, Dajjal adalah manusia yang kedatangannya telah diabarkan oleh Allah, mungkin melakukan sesuatu di luar kebiasaan manusia.

Dajjal menyesatkan manusia dan memiliki kemampuan membunuh seseorang, lalu menghidupkannya kembali sebagai bentuk tipuan baginya.

Dajjal diartikan sebagai orang yang menutupi sesuatu, karena dalam hadits disebutkan sebagai a’war. Secara eksplisit, sosok Dajjal sering di personifikasikan sebagai musuh terbesar umat Islam.

Dajjal memiliki ciri-ciri tertulis di keningnya Kafir yakni huruf Kaf, Fa’ dan Ra’. Dalam agama Islam meyakini bahwa kemunculannya sebagai fitnah terbesar sepanjang sejarah kehidupan. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut