get app
inews
Aa Read Next : Dapat Aduan Lalu Lintas Semerawut, Dishub Probolinggo Survei Revitalisasi Traffic Light Kandangjati

Dishub Gelontorkan Dana hingga Rp 100 Juta untuk Ganti Tiang PJU di Jalanan Kraksaan

Kamis, 13 Juli 2023 | 13:05 WIB
header img
Tiang PJU yang sudah diganti (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, melakukan penggantian sejumlah tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di median jalan Kota Kraksaan. Pada pergantian tersebut, Dishub menggelontorkan uang senilai Rp 172,5 juta.

Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Dishub, Asminanik mengatakan, penggantian tiang PJU median jalan di Kota Kraksaan, sudah direncanakan sejak 2021 lalu. Namun karena keterbatasan anggaran, akhirnya pengerjaannya dibagi menjadi dua, yakni pada 2021 lalu dan tahun ini.

"Tujuannya adalah untuk menjadikan Kota Kraksaan terang dan berfungsi untuk keselamatan pengendara, sekaligus menambah keindahan," katanya, Kamis (13/7/2023)

Ia menjelaskan, sudah ada 15 titik yang telah dibangun oleh Dishub. Mulai dari median jalan pertigaan timur Bank Jatim Cabang Kraksaan, hingga median jalan yang berada di barat Diva Swalayan.

Pergantian dilakukan dalam rangka melanjutkan pemeliharaan PJU median jalan Kota Kraksaan, yang sudah dimulai sejak 2021.

"Sekarang dianggarkan lagi. Tahun kemarin hanya pergantian lampunya, yang bisa dilaksanakan," ucapnya.

Untuk pergantian tiang PJU, lanjut Asminanik, pihaknya menggunakan tiang PJU setinggi 7 meter dari bahan anti karat. Total anggaran yang harus dikeluarkan pun terbilang cukup besar, yakni mencapai Rp 172,5 juta.

"Tiang yang sebelumnya sudah banyak yang rapuh, khawatir roboh, jika ada angin kencang kan bisa membahayakan pengendara, makanya kami ganti," paparnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut