get app
inews
Aa Read Next : 9 Tips Menabung untuk Membeli Hewan Kurban Idul Adha

Jumlah Penyembelihan Hewan Kurban di RPH dan TPHS Probolinggo Alami Penurunan

Senin, 03 Juli 2023 | 19:44 WIB
header img
Proses pemotongan hewan kurban oleh petugas dan warga (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo mencatat, jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH dan TPHS pada Idul Adha 1444 Hijriyah atau 2023 masehi, mengalami penurunan sekitar 1.393 ekor hewan kurban.

Diketahui, pada tahun 2023 di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Tempat Pemotongan Hewan Sementara (TPHS) yang dikelola Disperta, terdapat 2.677 ekor. Sementara tahun sebelumnya terdapat  4.070 ekor.

Hal itu diungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Disperta Kabupaten Probolinggo, drh. Nikolas Nuryulianto, Pada Senin (3/7/2023). Nicho mengatakan, kalau di Kabupaten Probolinggo terdapat 131 TPHS yang digunakan untuk tahun ini.

Sedangkan untuk RPH, hanya di Kecamatan Krejengan dan Maron saja. Sementara hewan kurban yang disembelih terdiri dari 744 sapi, 1.359 domba, dan 574 ekor kambing.

"Yang sapi itu ada 66 yang betina, sedangkan untuk domba dan kambing, semuanya berjenis kelamin jantan," terangnya.

Nicho menjelaskan, bahwa pada pelaksanaan kurban tahun ini, hewan-hewan yang disembelih kondisinya dalam keadaan sehat. Pihaknya hanya menemukan satu hewan kurban, yang kondisi kesehatannya kurang sempurna.

"Dari 2.677 hewan kurban, kami hanya menemukan satu ekor domba yang terdapat keropeng pada bibir sebelah kirinya," paparnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut