get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Tidur Siang: Mengisi Ulang Energi dan Meningkatkan Kinerja

Ini 5 Tips Pilih Singkong yang Berkualitas, Mudah Banget!

Senin, 19 Juni 2023 | 14:36 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Untuk mendapatkan singkong dengan kualitas yang baik harus diperhatikan beberapa hal berikut ini karena jika sampai salah dalam memilih singkong maka hasil olahannya pun akan tidak baik.

Tips untuk memilih singkong perlu diketahui bagi para ibu-ibu atau penggemar tanaman umbi-umbian satu ini.

Pengolahan singkong sangat populer di Indonesia, banyak sekali yang menggunakannya untuk diolah menjadi gorengan, kolak, lemet, dan berbagai olahan lainnya. Untuk mendapatkan cita rasa daging singkong yang enak, ada tips-tips khusus yang harus kamu ketahui untuk memiliki singkong dengan kualitas yang bagus.

Berikut adalah 5 tips memilih singkong yang bagus, dan bisa kamu coba terapkan saat membelinya!

1. Pilih Singkong dengan Kulit Ari yang Mudah Terkelupas

Pilihlah singkong dengan kulit bagian luar yang mengelupas, atau mudah untuk dikupas serta terlihat kulit ari bagian dalamnya yang berwarna merah muda atau ungu.

Jika warnanya demikian, dapat dipastikan bahwa singkong tersebut punya kualitas bagus. Namun, untuk warna kulit ari bagian dalam di sesuaikan lagi dengan jenis singkongnya.

2. Kedua Ujung Bagian Singkong Harus tertutup

Ketika kamu membeli singkong, pastikan kedua bagian ujungnya, akar dan batangnya masih dalam kondisi tertutup.

Singkong dengan ujung yang masih tertutup, dapat diolah untuk beberapa hari kedepan. Karena, jika bagian ujung tidak tetutup bagian dalamnya akan menghitam.

3. Perhatikan Warna Bagian Ujung Singkong yang Sudah dipotong

Ketika memotong bagian ujung singkong, pastikan bagian dagingnya berwarna putih bersih. Dimana hal itu menunjukkan bahwa singkong baru dicabut. Hindari adanya bintik hitam pada daging singkong.

4. Pilih Singkong dengan Ukuran Besar

Pilihlah singkong dengan bentuk umbi yang lurus, dan besar. Dalam artian bagian ujungnya kecil kemudian di satu sisi makin membesar. Hal tersebut menandakan bahwa singkong telah siap untuk dipanen dan isinya bisa dimakan.

5. Singkong Mudah untuk Dipatahkan

Cobalah untuk mematahkan singkong pada bagian ujungnya tanpa menggunakan alat. Apabila teksturnya lentur dan mudah untuk dipatahkan, hal itu menandakan singkong memiliki daging yang baik.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut