get app
inews
Aa Read Next : 10 Daerah Penghasil Batik Terpopuler di Indonesia

Berikut 7 Daerah Penghasil Singkong Terbesar di Indonesia

Selasa, 10 Oktober 2023 | 10:14 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Indonesia sebagai negara tropis memang di karunia tanah yang subur. Tidak heran berbagai jenis tanaman tumbuh dengan sehat dan subur di tanah Indonesia. Salah satunya adalah singkong.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penghasil singkong terbesar di dunia. Bahkan Indonesia berada di urutan ke 4 dunia penghasil singkong.

Penghasilan singkong di Indonesia ini di dukung oleh beberapa wilayah di Indonesia. Pada kesempatan kali ini akan di bahas 7 daerah dengan penghasil singkong paling besar di Indonesia.

1. Provinsi Jawa Barat

Penghasil terbesar singkong di Indonesia adalah Provinsi Jawa Barat. Bahkan sejak dulu Jawa Barat di kenal sebagai Kampung Singkong.

Singkong di Jawa barat memang merupakan salah satu hasil produksi bumi yang sering di jadikan sebagai salah satu bahan makanan utama.

Beberapa kabupaten penghasil singkong di Jawa Barat di antara lain Bogor, Garut, Sukabumi hingga Bandung.

2. Provinsi Jawa Timur

Di urutan kedua sebagai wilayah penghasil singkong terbesar di Indonesia adalah Provinsi Jawa Timur. Hasil produksi bumi Jatim ini sudah di kirim ke berbagai wilayah bahkan ekspor ke luar negeri.

Beberapa daerah penghasil singkong di Jawa Timur ini antara lain Ponorogo, Pacitan, Malang hingga Kediri.

3. Provinsi Jawa Tengah

Di urutan ketiga sebagai daerah penghasil singkong terbesar di Indonesia adalah Provinsi Jawa Tengah. Tanahnya yang subur membuat hampir mayoritas daerah Jawa Tengah di tanami singkong.

Beberapa daerah yang paling banyak menghasilkan singkong di Jawa Tengah adalah Banyumas, Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen.

4. DI Yogyakarta

Di urutan ke empat sebagai daerah dengan penghasil singkong terbesar di Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. daerah ini memiliki varietas singkong yang paling unggul yaitu Ketan Bima Sena.

5. Provinsi Lampung

Selanjutnya yang juga menghasilkan singkong terbesar di Indonesia adalah Provinsi Lampung. Petani menjadi pekerjaan mayoritas masyarakat Lampung di beberapa wilayah.

Terdapat 3 wilayah sebagai penghasil singkong paling besar di Lampung yaitu Lamoung Timur, Lampung Tengah dan Tulang Bawang.

6. Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan juga menjadi salah satu penyumbang singkong terbesar di Indonesia. Pembudidayaan singkong di Sulawesi Selatan di dukung dengan pihak pemerintah yang membuat pembudidayaan singkong lebih pesat..

7. Provinsi Sumatera Utara

Terakhir yang menjadi wilayah penghasil singkong terbesar adalah Sumatera Utara. Terdapat beberapa wilayah yang menjadi penyumbang terbesar di Sumatera Utara yaitu Deli Serdang, Tapanuli Utara dan Simalungun.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut