get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Probolinggo Ajak Buruh Satukan Komitmen Untuk Tarik Investor

Sudah Ada sejak Masa Penjajahan Jepang, Jajanan Getuk Diminati Masyarakat Kota Probolinggo

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 15:09 WIB
header img
Pedagang Gethuk Kota Probolinggo saat melayani pembeli ( InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Getuk merupakan jajanan khas daerah Jawa tengah, yang bahan utamanya terbuat dari singkong dan ketela pohon. Jajanan Getuk, sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang.

Kala itu bahan pangan pokok berupa beras, sangat langka, sehingga penduduk Kota Magelang memanfaatkan singkong atau ketela pohon sebagai bahan makanan, untuk pengganti beras.

Begitu kreatifnya masyarakat Indonesia, akhirnya memanfaatkan singkong sebagai makanan utama. Agar lebih enak dan menarik, singkong kemudian ditumbuk halus dan dicampur gula merah, serta sedikit kelapa. Dari situlah, kemudian tercipta kuliner baru bernama Getuk.

Di Kota Probolinggo, ternyata ada juga yang menjual kuliner penuh sejarah itu. Meski banyak jajanan  kuliner yang lebih modern dijual di Kota Probolinggo, namun jajanan Getuk di Kota Bayuangga itu rupanya banyak juga peminatnya.

Seperti diungkapkan, Suyanto (48) salah satu pedagang Getuk. Ia mengaku biasa menjual Getuk dengan gerobak keliling, di Jalan Suroyo tepatnya depan kantor cabang BRI Kota Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut