get app
inews
Aa Read Next : Diduga Kelelahan dan Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Saksi PKS di Kota Probolinggo Meninggal

Inilah 5 Bangsawan Inggris yang Dimakamkan di Gereja Westminster Abbey

Minggu, 07 Mei 2023 | 06:53 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Salah satu landmark yang lebih populer untuk tour di London adalah Westminster Abbey. Diketahui, lebih dari 1 juta pengunjung menjelajahi gereja yang berusia 1000 tahun lebih tersebut. 

Westminster sendiri merupakan biara yang dibangun oleh para biarawan Benediktin selama “pertengahan abad kesepuluh. Sejarah mencatat Biara Westminster pertama didirikan pada tahun 960.

Gereja Westminster Abbey adalah tempat bersejarah di Inggris. Selain digunakan untuk proses pemahkotaan atau penobatan Raja dan Ratu, Westminster Abbey juga menjadi lokasi pemakaman para bangsawan Inggris. Berikut adalah 5 bangsawan Inggris yang dimakamkan di gereja Westminster Abbey.

1. Ratu Elizabeth I
Ratu Elizabeth I menjadi pemimpin monarki Inggris sejak 17 November 1558 hingga 24 Maret 1603. Elizabeth I adalah salah satu bangsawan Inggris yang dimakamkan di Westminster Abbey. Satu hal yang sangat terkenal dari Elizabeth I adalah keputusannya untuk tidak menikah selama hidupnya. Sehingga, ia dijuluki sebagai The Virgin Queen.

Sebelum memutuskan untuk tidak menikah, Elizabeth pernah 2 kali merencanakan pernikahannya, yakni dengan Pangeran Leicester, Lord Robert Dudley dan Francis, Adipati Anjou. Sayangnya, rencana itu tidak terwujud karena mendapat berbagai pertentangan.

2. Raja Henry III

Bangsawan selanjutnya yang dimakamkan di Westminster Abbey adalah Raja Henry III. Ia lahir pada 1 Oktober 1207 dan naik takhta pada 28 Oktober 1216 hingga 16 November 1272. Melansir laman Royal UK, Henry III terkenal sebagai raja yang boros dan menuntut nilai pajak dengan jumlah tinggi.

Meskipun begitu, ia banyak melakukan sumbangan amal dan membayar seluruh pekerja bangunan, termasuk mereka yang melakukan pembangunan kembali Westminster Abbey.

3. Raja Charles II

 
Raja Charles II dimakamkan di Westminster Abbey pada 14 Februari 1685. Ia adalah pemimpin monarki Inggris pada 30 Januari 1649 hingga 3 September 1651. Masa kepemimpinannya dikenal sebagai periode pemulihan di Inggris. Di usianya yang baru menginjak 8 tahun, Charles II mengalami momen Perang Saudara di Inggris. Peristiwa itu membuatnya diperintahkan sang ayah, Raja Charles I, untuk pindah ke Prancis bersama ibunya guna mencari perlindungan.

4. Raja William III

 

Selanjutnya, ada Raja William III yang memiliki tempat peristirahatan terakhir di Westminster Abbey. Proses pemakamannya berlangsung pada 12 April 1702. William Henry atau Raja William III adalah putra dari Raja William II dan Putri Mary. Ia lahir di Belanda, 14 November 1650 dan wafat di Kensington Palace, Inggris pada 8 Maret 1702. William III memimpin Inggris pada tahun 1689 hingga kematiannya.

5. Raja George II

 

Raja George II melengkapi sederet bangsawan Inggris yang dimakamkan di Westminster Abbey. Pemakamannya berlangsung pada 11 November 1760. Raja Inggris sejak tahun 1727 hingga 1760 ini menjadi bangsawan terakhir yang dikebumikan di Westminster Abbey. Melansir laman Royal Central UK, jasad Raja George II diletakkan di dalam peti mati dan berdampingan dengan jasad istrinya, Ratu Caroline.

Tubuh keduanya disandingkan di sebuah lemari besar yang khusus dibuat oleh George II untuk mendiang istrinya. Atas permintaan Raja, sisi-sisi peti mati dihilangkan, sehingga ‘debu’ jasad mereka bisa bercampur usai kematian.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut