get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

5 Ciri Diabetes pada Pria, Salah Satunya Sperma Berkurang

Rabu, 12 April 2023 | 09:30 WIB
header img
Ilustrasi cek gula darah. Foto: Okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Diabetes atau penyakit gula (gula darah tinggi) adalah penyakit kronis (jangka panjang) yang perlu kamu waspadai. Adapun tanda utama dari penyakit ini adalah meningkatnya kadar gula darah (glukosa) melebihi nilai normal.

Salah satu penyakit yang menjadi "pembunuh berdarah dingin" adalah diabetes. Penyakit ini bahkan digadang-gadang sebagai "ibu' dari berbagai masalah kardiovaskular.

Saat ini, diabetes tak hanya menyasar kelompok usia tua saja. Remaja, anak muda, bahkan anak-anak pun bisa terkena diabetes. Tak hanya berdasarkan kelompok usia, diabetes juga bisa terjangkit pada pria maupun wanita.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika diperkirakan terdapat antara 13,8 dan 17 persen pria di Amerika Serikat menderita diabetes. Tentu saja hal ini disebabkan oleh berbagai faktor termasuk genetik dan pola hidup.

Terdapat beberapa ciri diabetes yang khas bagi pria. Bahkan ciri tersebut tak dimiliki seorang wanita yang mengidap diabetes. Dikutip dari Healthline, berikut 5 ciri khas diabetes bagi pria yang sering tak disadari.

1. Mengurangi Massa Otot

Kadar gula darah yang meningkat secara konsisten menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi. Sehingga mampu menyebabkan berkurangnya massa otot. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria dengan diabetes tipe 1 dan mampu mengakibatkan berkurangnya kekuatan dan kelemahan otot.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut