get app
inews
Aa Read Next : Tahukah Kamu Ini 7 Minuman yang Paling Cepat Menurunkan Gula Darah

Simak 7 Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Makan Permen Salah Satunya

Jum'at, 28 Juli 2023 | 16:17 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pengidap diabetes melitus yang menunjukkan tanda-tanda kadar gula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemia, perlu mengetahui cara menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

Hipoglikemia bisa menyebabkan dampak kesehatan yang membahayakan nyawa sehingga membutuhkan penanganan darurat.

7 Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, penting untuk diketahui baik oleh pengidap diabetes, pre-diabetes atau pihak keluarga dari pengidap. Mengetahui cara menaikkan gula darah yang drop ini bisa jadi antisipasi, agar bisa segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Kondisi gula darah yang rendah atau disebut juga hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah dalam tubuh turun di bawah batas normal. Ini bisa terjadi pada orang dengan diabetes yang menggunakan obat-obatan tertentu, atau bahkan pada orang yang sehat akibat berbagai faktor.

Dilansir dari Mayo Clinic, seseorang umumnya dinyatakan mengalami hipoglikemia apabila hasil pengecekan gula darah puasanya di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar gula darah rendah membutuhkan penanganan segera. Pasalnya, gula atau glukosa adalah sumber utama energi.

Kondisi gula darah rendah pada tubuh dapat menyebabkan gejala seperti pusing, gemetar, lemas, kebingungan, bahkan pingsan.

Kenaikan atau turun drop yang terjadi pada gula darah sangat dipengaruhi asupan makanan dan minuman, salah satu cara menaikkan gula darah yang cepat dan aman bisa dengan makan atau minum. Melansir Healthline, American Diabetes Association merekomendasikan aturan 15-15 saat kadar gula darah seseorang di bawah 70 mg/dL.

Aturan 15-15 yakni, makan setidaknya 15 gram karbohidrat, tunggu reaksinya setelah 15 menit, lalu periksa kembali kadar gula darah tubuh. Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL, konsumsi lagi 15 gram karbohidrat, tunggu kembali reaksinya 15 menit, baru periksa kembali kadar gula darah tubuh.

Jika Anda mengalami gejala gula darah yang drop, penting untuk segera mengatasinya. Berikut di bawah ini adalah 7 cara menaikkan gula darah yang drop dengan aman dan dijamin berhasil.

1. Konsumsi karbohidrat sederhana: Makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana bisa membantu meningkatkan gula darah dengan cepat. Contoh makanan ini yakni permen, gula, madu, dan jus buah.

Tapi ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis ini, sebab bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat serta juga dapat menyebabkan obesitas.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks: Selain karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, kentang, dan oatmeal juga bisa membantu menaikkan gula darah secara perlahan tapi bertahan lebih lama. Makanan ini mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Konsumsi jelly beans: Jelly beans mengandung gula sederhana yang dapat langsung diserap oleh tubuh dan meningkatkan gula darah dengan cepat. Hal ini bisa menjadi pilihan ketika Anda membutuhkan peningkatan gula darah dalam waktu singkat, namun tetap aman.

4. Minum jus buah: Jus buah mengandung gula alami yang membantu meningkatkan gula darah dengan cepat. Pilih jus buah 100 persen tanpa tambahan gula atau pemanis buatan agar yang didapat adalah manfaat nutrisi yang lebih baik.

5. Makanan protein tinggi: Makanan yang mengandung protein juga bisa membantu menaikkan gula darah secara perlahan dan stabil. Cobalah konsumsi produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, atau telur sebagai pilihan camilan yang sehat.

6. Glukagon: Glukagon adalah hormon yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat penurun gula darah lainnya, pertimbangkan untuk selalu membawa suntikan glukagon darurat jika terjadi hipoglikemia berat yang mengancam kesadaran Anda.

Anda bisa minta bantuan orang sekitar untuk memberikan suntikan ini jika tidak mampu melakukannya sendiri.

7. Istirahat dan jangan olahraga berlebihan: Olahraga berlebihan tanpa makanan yang cukup bisa bikin gula darah drop dengan cepat. Jika merasa gula darah rendah, berhentilah beraktivitas dan istirahatlah dulu sebentar.

Segera konsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat untuk membantu mengembalikan gula darah ke kondisi normal.

Selain mengetahui cara menaikkan gula darah yang drop, penting juga untuk mencegah terjadinya hipoglikemia. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain, yakni :

1. Rutin cek gula darah dan pantau kadar gula darah secara berkala sesuai anjuran dokter.

2. Menjaga pola makan yang teratur dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.

3. Memperhatikan dosis obat diabetes dan atur jadwal konsumsinya sesuai petunjuk dokter.

4. Jangan skip makan, terutama jika mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan gula darah.

5. Mengetahui gejala hipoglikemia dan segera tanggap jika gejala-gejala tersebut muncul.

Sebagai catatan penting, selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan jika Anda sering mengalami hipoglikemia untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mengidentifikasi penyebabnya. Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah hipoglikemia dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut