get app
inews
Aa Read Next : Tips Menikmati Akhir-akhir Bulan Ramadhan

Simak 7 Spot Tempat Legendaris Berburu Takjil di Jakarta

Sabtu, 25 Maret 2023 | 21:07 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Menjelang waktu berbuka puasa, umumnya masyarakat Indonesia akan keluar rumah untuk ngabuburit. Meski sudah jadi tradisi, namun masih sedikit orang yang tahu asal-usul istilah ngabuburit tersebut. Ngabuburit bisa ditemukan dalam Kamus Bahasa Sunda. Kata ini berasal dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai sambil menunggu waktu sore.

Umumnya, salah satu kegiatan yang dilakukan selama ngabuburit adalah mencari takjil. Biasanya akan ada beragam camilan khas Indonesia yang menjadi primadona menu untuk berbuka puasa.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini banyak momen-momen seru yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah berburu hidangan untuk berbuka puasa.

Berburu takjil adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Nah, bila Anda bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja, beberapa tempat berburu takjil di Jakarta ini bisa menjadi rekomendasi.

Di beberapa tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam menu takjil, dari yang menggugah selera hingga yang legendaris.

Nah, berikut beberapa tempat berburu takjil di Jakarta yang bisa Anda kunjungi, sambil ngabuburit alias menunggu waktu buka puasa, dilansir dari berbagai sumber.

1. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa menjadi salah satu lokasi berburu takjil populer yang berada di kawasan Jakarta Pusat. Biasanya, selama bulan Ramadhan, para pedagang akan menjajakan dagangannya di depan gerbang Masjid Sunda Kelapa.

Berbagai macam jajanan takjil menarik pun akan mudah Anda temui di sini. Mulai dari puding, es campur, sate ayam, hingga makanan tradisional khas Jakarta. Selain berburu takjil di Masjid Sunda Kelapa, Anda juga bisa sekalian salat Magrib dan Tarawih, loh.

2. Masjid Istiqlal

Anda juga bisa berburu takjil sambil ngabuburit bermanfaat dengan berburu ke Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat.

Selain bisa ngabuburit bermanfaat dengan mendengarkan pengajian menjelang buka puasa, Anda juga bisa dapat takjil gratis dari pihak pengelola.

Jika ingin mencari aneka takjil puasa lainnya juga bisa kok. Anda cukup menyusuri jalan di sekitar Masjid Istiqlal yang juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis takjil murah meriah.

3. Pasar Santa

Nah, bagi sobat Jaksel, Pasar Santa bisa jadi tempat berburu takjil yang asyik. Berlokasi di Kebayoran Baru, Pasar Santa, menawarkan berbagai aneka minuman dan makanan takjil lengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

Kawasan ini memang terkenal menjadi tempat favorit berburu takjil bagi warga Jakarta Selatan, lantaran sajian takjilnya yang beragam. Jadi, kamu bebas berburu makanan sampai puas.

4. Pasar Benhil

Pasar Benhil terletak di Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sana, terdapat aneka makanan ringan yang bisa Anda beli sebagai menu takjil berbuka puasa.

Selain makanan ringan, terdapat pula makanan berat di Pasar Benhil. Anda juga akan dengan mudah menemukan jajanan tradisional menjelang berbuka puasa.

5. Kramat Raya

Tempat berburu takjil selanjutnya adalah Kramat Raya yang terletak di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan halte busway Senen dan bioskop Senen.Di sini, Anda akan menemukan aneka ragam makanan untuk takjil berbuka puasa. Namun ciri khas dari tempat ini adalah adanya bubur kampiun khas Minang, lemang, hingga nasi kapau.

6. Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia terletak di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Di area masjid tersebut, terdapat banyak penjual takjil yang menawarkan berbagai menu lezat.

Penjual-penjual tersebut bahkan masih berdagang sampai malam hari usai tarawih. Menariknya lagi, pengurus Masjid Cut Meutia juga akan membagi-bagikan takjil bagi siapa saja yang melewati area tersebut.

7. Pasar Pagi Rawamangun

Pasar Pagi Rawamangun juga menjadi salah satu lokasi populer untuk menjadi hidangan berbuka puasa. Terdapat beragam jenis takjil yang bisa Anda temui di sini.

Mulai dari gorengan, kue kering, es kelapa muda, sup buah, dan masih banyak lagi. Namun, yang menjadi incaran para pengunjung adalah es cendol durian dan lemang. (put)

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut