get app
inews
Aa Read Next : Kejari Serahkan Uang Korupsi Mantan Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ke Negara

Hari Sumpah Pemuda, Kapolres Probolinggo Minta Para Pemuda Tetap Bersatu

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 16:00 WIB
header img
Kapolres Probolinggo (kanan) saat mengikuti upacara sumpah pemuda (foto: Dok. Polres Probolinggo)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengajak masyarakat, khususnya para pemuda untuk tetap bersatu.

Perbedaan ras, suku dan budaya diharapkan dapat menjadi kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI. Hal itu diutarakannya, usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 di gelar di Alun-alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jum'at (28/10/2022).

Kapolres yang karib disapa komandan Arsya itu menjelaskan, kalau saat ini tema nasional dalam sumpah pemuda adalah Bersatu Bangun Bangsa. Oleh karenanya, tema tersebut menjadi sebuah pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan.

"Dan hal ini bisa menjadi kekuatan, bukan justru sebagai faktor yang melemahkan," jelasnya. 

Apalagi dalam sejarah, telah dijelaskan bawah pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 diikuti dengan rangkaian pergerakannya, telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dan peran pemuda dalam sebuah kemerdekaan Indonesia, tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Sehingga peringatan hari sumpah pemuda, selalu memiliki arti penting.

"Karena ancaman ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita cita mewujudkan kejayaan Indonesia," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut