get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Cuaca Ekstrem, Warga Kota Probolinggo Diminta Waspada, Ini Sebabnya !

Selasa, 25 Oktober 2022 | 21:19 WIB
header img
BPBD Kota Probolinggo saat menunjukkan peta cuaca kota Probolinggo (foto: Gianto/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Warga Kota Probolinggo diminta agar lebih waspada, menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi memicu terjadinya Bencana Hidrometeorologi.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Probolinggo Sugito Prasetyo, pada Selasa (25/10/2022). 

"Kondisi cuaca ekstrim ini terjadi dalam sepekan di beberapa daerah di Jawa Timur sampai awal Nopember mendatang," tandasnya. 

Ia menjelaskan, berdasarkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika terjadi pelambatan pada kecepatan angin dan pola konvergensi.

"Sehingga dengan kondisi ini bisa meningkatkan aktifitas dan penumbuhan awan hujan," ungkapnya. 

Sugito Prasetio mengatakan, di Jawa Timur itu terjadi fenomena gelombang atmosfer equatorial rossby dan kelvin. Selain itu, suhu muka laut di perairan hangat dengan anomali antara 0,5 sampai dengan 2,5 derajat Celsius. 

"Kondisi ini menyebabkan suplay uap air di atmosfir akan semakin banyak, sehingga berpengaruh terhadap pembentukan awan kumulonimbus yang semakin intens," katanya.  

Selain diminta agar lebih waspada, masyarakat Kota Probolinggo juga dihimbau, agar melakukan penataan lingkungannya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

"Apalagi di Kota Probolinggo saat ini, berpotensi terjadinya hujan lebat. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya banjir, warga diharapkan tetap menjaga lingkungannya," pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut