get app
inews
Aa
Read Next : Resep Tahu Isi Untuk Jamuan Tamu Saat Hari Raya

Puding Merah Putih Cocok untuk Rayakan HUT Ke-77 RI, ini Resepnya!

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:07 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Puding merupakan salah satu cemilan yang paling sering dikreasikan bentuk dan warnanya. Resep kali ini puding akan dikreasikan menggunakan buah dan warna merah putih, cocok untuk rayakan HUT Ke-77 RI

Cemilan yang sudah pasti rasanya enak dan nagih ini cocok dimakan saat sedang bersantai dengan keluarga. Penasaran? Berikut resep puding merah putih yang dirangkum dari Cookpad, Senin (15/8/2022).

Bahan-bahan:
- ½ buah semangka ukuran sedang
- 1 buah naga besar
- 4 buah bengkoang
- 2 sachet agar-agar merah
- 2 sachet agar-agar putih
- 1 sachet puding rasa strawberry
- 100 gr gula
- 1 kaleng SKM (susu kental manis)
- ½ sdt garam
- 6 butir telur (putihnya saja)

Cara membuat:
1. Siapkan bahan: bersihkan dan kupas buah semangka, buah naga, dan bengkoang.
2. Potong kecil-kecil semangka, buah naga dan bengkoang, kemudian semangka dan buah naga masing-masing diblender tanpa tambahan air, saring dan sisihkan.
3. Potong kecil-kecil bengkoang, tambahkan air matang 600 ml, diblender, setelah lembut dan homogen, saring dan sisihkan.
4. Masukkan 2sachet agar-agar merah, 1sachet puding, gula 50 gr, 1/2 sdt garam, Campur hingga homogen, setelah homogen masukkan kepanci, tambahkan hasil saringan semangka dan buah naga, lengkapi dengan menambahkan susu kental manis 150 gr. Aduk diatas kompor dengan panas sedang hingga mendidih.
5. Tuang kedalam cetakan yang sudah dipersiapkan.
6. Masukkan 2 sachet agar-agar, gula 50 gr kedalam panci, aduk hingga homogen merata, tuang hasil saringan sari bengkoang, tambahkan SKM 300 gr dan 1/4 sdt.garam, dipanaskan dengan api sedang.
7. Sementara itu masukkan putih telur kedalam mixer, lakukan pengadukan dengan kecepatan tinggi (speed 5), hingga mengembang dan berbusa.
8. Bila adonan agar-agar sari bengkoang sudah mendidih, angkat dan diamkan sampai uap air berkurang, lalu tuang perlahan kedalam mixer yang berisi adonan putih telur yang sudah mengembang sambil dihidupkan kembali mixernya dengan kecepatan sedang, hingga homogen.
9. Tuang adonan kedalam cetakan.
10. Diamkan puding didalam cetakan hingga dingin disuhu kamar, jangan didalam kulkas ya, selama 3 jam, buka perlahan dari pinggirnya kedalam piring besar, puding siap dihidangkan, bila ingin dingin masukkan kulkas hingga sesuai dengan dingin yang dikehendaki.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut