get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Lapak Milik Pedagang Ikan di Pasar Leces Terbakar

Pelaku Industri Ikan Asin di Situbondo Mengeluh, Omset Turun Drastis

Rabu, 20 Juli 2022 | 20:42 WIB
header img
Pelaku usaha ikan asin dan teri di dusun keperan desa Pecinan kecamatan mangaran kabupaten Situbondo. (Foto: Edo/iNews.)

SITUBONDO, iNews.id - Sejumlah pemilik industri pengeringan ikan di Kabupaten Situbondo, terpaksa mengurangi produksinya akibat menurunnya permintaan ikan asin di pasaran. Bahkan sebagian dari pengusaha ikan asin kering saat ini, terpaksa mengurangi tenaga kerja karena hanya produksi berdasarkan pesanan saja.

Seperti yang dialami industri pengeringan ikan berskala rumah tangga, di Dusun Keperan, Desa Pecinan, Kecamatan Mangaran. Pemilik industri, Harun (56) mengatakan, turunnya permintaan ikan kering terjadi sejak awal bulan Mei. Harun mengaku, tidak mengetahui secara pasti apa penyebabnya.

"Gak tau juga penyebabnya, sampai berkurang pembelinya," ujar Harun, Rabu (20/7/2022).

Harun menyebut, selama ini dirinya menjual hasil produksi ikan kering melalui pedagang di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso. Para pedagang biasanya  datang dan mengambil ikan asin, ke tempat produksi ikan di rumahnya.

Menurut Harun, sebelumnya ia menghabiskan sekitar dua hingga enam kwintal ikan asin per hari. Namun saat ini, ikan asin yang terjual tidak lebih dari dua kwintal per hari.

"Sekrang berkurang, sedikit sekali, paling-paling satu sampai tiga kwintall saja, bahkan kadang cuma 50 hingga 100 kilogram saja," keluhnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut