get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Harga Stabil Jelang Ramadhan, Polres Probolinggo Lakukan Pengawasan Beras di Pasar

Puskesmas Sumberasih Ajak Pedagang Pasar, Senam Anti Stroke dan Cek Kesehatan Gratis

Jum'at, 28 Juli 2023 | 05:08 WIB
header img
Kepala Puskesmas sumberasih saat memberikan sambutan ( Foto: InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, InewsProbolinggo.id - Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Kesehatan UPT Puskesmas Sumberasih, menggelar kegiatan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Ceria, pada Kamis, (27/07/2023).

Germas Ceria diselenggarakan di Pasar Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. 
Kegiatan Germas Ceria diawali dengan mengajak para pedagang pasar senam anti stroke, bersama para pegawai Puskesmas Sumberasih beserta kepala Pasar Muneng. 

Para pedagang antusias, mengikuti senam anti stroke sebagai upaya pencegahan stroke dikarenakan para pedagang minim aktivitas fisik, karena waktu mereka yang banyak dihabiskan dengan duduk berjualan.

Usai acara senam, para pedagang kemudian cek kesehatan secara gratis. Meliputi : cek tekanan darah dan kadar gula secara gratis, oleh pegawai Puskesmas Sumberasih.

Kepala Puskesmas Sumberasih, Dokter Imelda Kusumaningrum mengatakan, Germas dikhususkan kepada para pedagang pasar, karena ditengarai banyaknya penyakit tidak menular lebih tinggi, daripada penyakit yang menular.

"Ini merupakan screening awal, kita berikan pelayanan kesehatan gratis berupa cek tekanan darah dan kadar gula. Selain di Pasar Muneng ini, ada 13 desa dengan kegiatan Germas dengan konsep yang berbeda," terang Dokter Imelda.


Pegawai puskesmas saat cek tekanan darah para pedagang ( InewsProbolinggo.id/Ide Nasution

Dokter Imelda juga berharap, dengan adanya Germas tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat. Setidaknya pihaknya mengetahui, kondisi kesehatan para pedagang yang ada di Pasar Muneng.

Sementara Kepala Pasar Muneng, Suharno mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan yang diadakan Puskesmas Sumberasih. Menurutnya, animo para pedagang yang cek kesehatan, sampai antri untuk mendaftar.

"Kegiatan Germas ini, sangat terasa manfaatnya. Selain diajak senam anti stroke, para pedagang juga bisa mengecek secara gratis tekanan darah dan kadar gula. Dari cek kesehatan itu, mereka akhirnya tahu kondisi kesehatannya," ujarnya.

Di sisi lain Lilis sauda, seorang pedagang pasar usai mengikuti kegiatan cek kesehatan berharap, kegiatan Germas ceria bisa diadakan lagi kedepannya.

" Kami mendukung kegiatan ini, sekaligus berharap bisa diadakan lagi kedepannya. Seain gratis, kita jadi tahu tekanan darah dan kadar gula yang ada dalam tubuh, intinya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali," tuturnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut