Fenomena Kemunculan Ubur-ubur di Perairan Probolinggo, Pertanda Apakah ini?

andie

“Jenis ubur-ubur yang biasa muncul di perairan Kabupaten Probolinggo sangat beragam. Mulai dari warga kemerah-merahan, kebiru-biruan dan keputih-putihan. Rata-rata muncul di tepian peraiaran pantai. Sebenarnya ubur-ubur ini ada di tengah laut, tetapi karena terkena gelombang akhirnya terbawa di pinggir. Keberadaannya tergantung kondisi perairan,” terangnya.

Ipung menegaskan ubur-ubur ini banyak sekali macamnya, terutama yang berbahaya itu yang beracun. Namun sifatnya hanya gatal pada kulit. Solusinya jika sampai terkena cukup dicuci dengan bersih.

“Ubur-ubur ini merupakan fenomena musiman yang muncul di perairan Kabupaten Probolinggo. Saat ubur-ubur muncul, biasanya akan diikuti oleh kemunculan hiu tutul. Posisi hiu tutul ini saat ini berada di utara perairan Pajarakan. Hanya saja jumlahnya tidak banyak dan akan bergerak ke timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ipung menegaskan saat ini memang ada perubahan siklus. Biasanya bulan-bulan ini bergerak dari barat Pasuruan ke timur. Sehingga pada Oktober hingga Desember sudah ada di timur. Kemunculan hiu tutul ini terjadi pada awal tahun di Pelabuhan Mayangan Probolinggo. Namun sekarang sudah terlihat di perairan Pajarakan.

“Memang kesuburan perairan akan mendorong timbulnya planton. Air sungai yang mempunyai kesuburan tinggi dan masuk ke laut juga mendorong timbulnya planton. Planton ini merupakan makannya ubur-ubur dan ikan-ikan yang lain,” tegasnya.

Ipung menambahkan ubur-ubur ini lebih cenderung muncul pada saat perairan menghangat.
“Kita menghimbau kepada masyarakat yang suka bermain dan berenang di pantai supaya menghidari ubur-ubur. Tetap berhati-hati dan diusahakan untuk tidak memegang atau menyentuhnya karena dapat mengakibatkan gatal,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network