Ratusan Batang Pohon Ganja Ditemukan di Pegunungan TNBTS

Raphel Azizah
Ratusan Batang Pohon Ganja diamankan (foto : iNewsProbolinggo.id/Raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id, - Ratusan batang tanaman ganja, berhasil diendus petugas gabungan di lokasi tersembunyi, di balik Pengunungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kabag Ops Polres Lumajang, Kompol Jauhar Ma'Arif mengatakan, sepertinya ladang ganja tersebut sengaja ditanam dan disamarkan bersama tanaman liar lainnya.

"Ladang Ganja ini berada di wilayah Hutan TNBTS, tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, bahkan jika secara kasat mata, ya dikira tanaman liar, seperti rerumputan saja," terangnya, pada kamis (19/9/2024).

Dari penemuan tersebut, pihak kepolisian mengamankan 2 pelaku penanam pohon ganja. Keduanya yakni Bambang dan Ngatoyo, warga Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Bahkan, lokasi ladang tersebut sangat jauh dari pemukiman warga.

Untuk mengakses lokasi tersebut, cukup memakan waktu beberapa menit untuk sampai di ladang tanaman haram tersebut. Dari hasil olah TKP, petugas gabungan dari TNI Polri dan TNBTS menemukan 3 titik ladang ganja yang ditanam para pelaku.

Tinggi tanaman ganja bervariasi sekitar 30-150 centimeter. Dari ketiga lahan tersebut, petugas gabungan mengamankan sekitar 365 tanaman ganja.

“Kami telah lakukan olah TKP dan pengamanan barang bukti ganja dari 3 tempat. Lebih kurang tanaman ganja yang bisa kita cabut ada 365 pohon,” ungkapnya.

Bahkan untuk membuat lahan ditengah hutan itu, pelaku rela menebangi pohon hutan untuk kemudian ditanami bibit tanaman ganja.

"Kini seluruh pohon ganja itu sudah kami cabut, dan sudah kami amankan di Mapolres Lumajang, bersama dengan kedua pelaku yang turut kami amankan, untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network