Perayaan Pawai Budaya Peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo ke 665 Berlangsung Meriah

Raphel Azizah
Perayaan hari jadi Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/rapel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id, - Peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo (HadiPro) ke 665, berlangsung meriah, dengan serangkaian pawai budaya, yang dilaksanakan pada sabtu (7/9/2024) pagi, pukul 09.00 WIB, di Jalan Panglima Sudirman, Depan Gedung Pemkot Probolinggo.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, antara lain seperti PJ Bupati Probolinggo, Bupati Pasuruan, dan Mantan Walikota Probolinggo.

Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis mengatakan bahwa agenda pawai ini merupakan upaya melestarikan budaya pendalungan yang menjadi bagian dari masyarakat Kota Probolinggo.

"Pawai Budaya hari ini merupakan representasi dari kearifan lokal, yaitu budaya pendalungan yang mencakup berbagai etnis, seperti Madura, Jawa, Arab dan Tionghoa. Keberagaman ini patut terus dihargai dan dilestarikan,” terangnya.

Nurkholis berharap agar keragaman budaya ini tetap terus terjaga dalam harmoni. Membawa masyarakat Kota Probolinggo untuk hidup berdampingan secara damai dan tentram.

“Melalui kolaborasi seni dan kreativitas, diharapkan mampu mempertautkan simpul-simpul kebhinekaan menjadi kekuatan yang harmonis. Serta memberikan rasa damai, tentram dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Probolinggo,” imbuhnya.

Dilain sisi, Mantan Walikota Probolinggo Habib Hadi Zaenal Abidin juga mengaku bangga dengan tetap digelarmya peringatan HadiPro 2024 ini.

"Ini acara yang positif ya, ini harus terus dilestarikan, dan terus dilaksanakan setiap tahunnya, karena disini bisa menjadi wadah pelestarian ragam budaya, maju terus Kota Probolinggo," tandas Walikota Probolinggo periode 2019 - 2024.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network