Viral Pesepeda Ribut dengan Polantas gegara Dilarang Bersepeda di Jalan Raya setelah Pukul 6 Pagi

Sazili Mustofa
Viral pesepeda ribut dengan Polantas di Jalan Sudirman. Foto: Tangkapan layar

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman angkat bicara terkait peristiwa tersebut. Latif menyebut pihak kepolisian mengarahkan pesepeda untuk menggunakan jalur khusus sesuai aturan yang ada.

"Kalau kami bukan cekcok, kami hanya ngasih arahan. Kalau ada masyarakat nggak mau peduli, berarti orang itu nggak mau peduli sama orang lain, hanya mementingkan dirinya sendiri," kata Latif Usman.

Latif mengatakan, sesuai peraturan, sepeda diperbolehkan menggunakan Jalan Raya Sudirman-Thamrin maksimal sampai pukul 06.00 WIB pada hari kerja Senin-Jumat. Setelah pukul 6 pagi, pesepeda wajib masuk ke jalur khusus sepeda yang sudah disediakan.

"Mereka mau berolahraga, silakan di Sabtu-Minggu, dan jalur sepeda kan sudah ada. Kalau hari biasa, Senin sampai Jumat, kalau sudah di atas jam 6, wajib masuk jalur sepeda. Kan sudah ada jalur sepedanya. Dan jalur umum untuk masyarakat yang akan beraktivitas untuk bekerja," ujarnya.

Latif menyebut perubahan aturan jam olahraga bukan merupakan wewenangnya. Dia meminta para pesepeda mematuhi aturan dan saling menghargai pengguna jalan lainnya demi keselamatan lalu lintas.

"Ya nggak bisa (ubah aturan), kita memperpanjang nggak bisa, kasihan masyarakat yang akan bekerja mencari uang, kalau mereka kan hanya olahraga, olahraga kan sudah ada waktunya, ketentuannya," kata dia.

"Kan sudah kita buat aturan. Kalau mau bersepeda di jalan umum sebelum jam 6 (pagi), silakan. Kita saling menghargai kepentingan, janganlah kita... kasihanlah kita sama orang yang mencari nafkah. Pesepeda ini kalau di jalur umum kan sangat berbahaya, makanya sudah disampaikan, ada jalur sepeda, silakan menggunakan jalur sepeda. Itu jamnya sudah padat, kan kasihan sepeda motor yang mengejar waktu ke tempat mencari nafkah," jelasnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network