Kota Probolingggo Bakal Gelar Event Powerboat Race dan SUP Boat Race

Ide Nasution
Pj Walikota Nurkholis menyambut baik rencana Event Powerboat Race dan SUP Boat Race di kota Probolinggo ( foto: iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Pj Walikota Probolingggo menyambut baik rencana Event Indonesia Powerboat Race yang bakal digelar oleh penyelenggara di kota Probolingggo.

Hal itu diketahui saat audiensi yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur bersama Pj. Wali Kota Probolinggo, Nurkholis di Rumah Jabatan Wali Kota Probolinggo, Senin (1/7/24).

Pj. Wali Kota Probolinggo, Nurkholis menyambut baik rencana pelaksanaan event yang rencananya akan diselenggarakan pada September-Oktober mendatang.

"Kami di daerah sangat menyambut baik event-event nasional seperti ini ya, di samping akan meramaikan Kota Probolinggo, juga akan ada perputaran ekonomi.

Sehingga penyelenggaraan event nasional maupun regional, dapat meningkatkan perekonomian di Kota Probolinggo," harap Nurkholis.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Parekraf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur Ali Afandi menjelaskan bahwa gelaran event nasional yang dikemas dengan konsep sport tourism itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun asing.

“Sebagai dinas yang mempunyai tugas dan fungsi dalam meningkatkan kunjungan wisata dengan target 2024, yaitu sekitar 324,8 juta pergerakan wisatawan ke Jawa Timur. Kita dorong event-event yang dilaksanakan di daerah. 

Dan salah satu event yang bisa mendorong laju wisatawan yaitu sport tourism, pertandingan olahraga yang bernuansa pariwisata, di sini yang kita dorong yaitu Powerboat dan SUP Boat race,” jelas Ali.

Dari penyelenggaraan event yang akan diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia ini, Ali berharap ada pergerakan wisatawan yang akan mengunjungi Kota Probolinggo. “Harapannya wisatawan bisa mengunjungi Kota Probolinggo, dan dari situ potensi-potensi wisata Kota Probolinggo yang lain pun akan terbuka,” ujarnya.

Sementara, Yusa dari pihak penyelenggara Indonesia Powerboat Race, menjelaskan bahwa selain potensi maritim yang dimiliki Kota Probolinggo, potensi pabrikan kapal kecil dan besar di Kota Probolinggo juga sangat luar biasa.

“Potensi lainnya yang dimiliki Kota Probolinggo ialah kondisi kolam pantai yang cukup baik, dengan peserta dari 8 provinsi mulai dari Aceh, ada juga Gorontalo, kami harap event akan menjadi sukses.

Event ini sudah ketiga kalinya kami selenggarakan, semoga bisa menjadi event tahunan karena Powerboat dan SUP Boat sendiri di Kota Probolinggo sudah berjalan dengan baik dan bisa menjadi olahraga keluarga," tutur Yusa.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network