Pemdes Klenang Lor Genjot Pembangunan Infrastruktur Hingga Bangun Kantor Desa yang Megah

Ahmad Didin
Proses pembangunan Kantor Desa Klenang lor (foto: iNewsProbolinggo.id/Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Klenang Lor, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo terus menggenjot pembangunan infrastruktur hingga bangun kantor desa yang megah sebagai jati diri desa.

Hal tersebut dilakukkan sebagai upaya untuk kemajuan desa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pembangunan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Keuangan (BK) Desa anggaran tahun 2023.

Pembangunan yang telah diksanakan diataranya: jalan rabat beton dengan  lebar 3 meter dan panjang 570 meter dari 2 lokasi, jalan aspal lebar 2,5m dan panjang 550 meter, Penerangan jalan umum (PJU) di 65 titik, Tembok Penahan Tanah (TPT), dan Kantor desa yang megah dengan pembangunan tembok setinggi 9 meter.

Kepala Desa Klenang lor, Mohammad Shodiq mengatakan pembangunan yang telah dilakukan merupakan anggaran tahap 3 tahun 2023 yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Bantuan Keuangan (BK) Desa.

"Untuk pembangunan kantor desa dilakukan secara bertahap, dimulai dari anggaran tahap tiga tahun 2023 kemarin dan berlanjut ditahun 2024 ini," ungkapnya.

Dari anggaran ketahanan pangan ia membangun jalan sebagai akses untuk mempermudah para warganya yang mayoritas sebagai petani agar lebih mudah dalam menggarap sawahnya baik saat menanam maupun setelah panen.

"Kalau dulu panennya masih memakai sepeda tapi sekarang sudah bisa menggunakan mobil dan traktor sudah bisa dengan mudah ke sawah warga karena jalanya nambah pelebaran 1 meter lagi," ucapnya.

Untuk kantor desa di Klenang lor ini, lanjut Muhammad Shodiq, di Kecamatan Banyuanyar harus yang terbagus dan termegah pasalnya kantor desa tersebut merupakan muka desa atau jatidiri desa.

"Jadi kalau kelihatan kantornya bagus pasti desanya itu akan terlihat mendukung untuk desa dan masyarakatnya itu sendiri," tandasnya.

Ia menargetkan pada tahun 2024 ini kantor desa akan selesai tinggal menunggu anggaran turun dan ia berharap kedepan Desa Klenang lor bisa lebih terlihat bagus, aman dan bisa lebih maju.

"Karena kantor desanya sudah bagus dan megah dan saya memang rencanakan sejak saya awal menjabat untuk memperbagus kantor desa dahulu tapi tidak mengurangi anggaran yang lain", pungkasnya.

Sementara itu, PMD Kecamatan Banyuanyar, Miarso saat melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) mengatakan sangat mengapresiasi pembangunan yang telah dilakukan Pemdes Klenang lor mulai dari kualitas sudah melebihi dari target.

"Biasanya lebarnya 2 meter itu bisa 2 meter 20 centi meter dan saya sangat mengapresiasi karena itu bukan lebih anggaran tapi itu untuk kepentingan desa dari pada kurang, alangkah baiknya dilebihkan", tandasnya, Selasa (6/2/2024).

Ia sebagai pembina di Desa Klenang lor berharap untuk Pemerintah Desa Klenang lor untuk terus meningkatkan pelayanan dan pekerjaan yang ada di Desa baik dari segi kualitas pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network