Dalam Hadist Ada 7 Golongan Pengikut Dajjal, Siapa Saja? Ini Datanya

Kastolani Marzuki
Dalam agama Islam, Dajjal digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan merupakan sumber dari segala fitnah besar menjelang hari kiamat. Foto: Istimewa

Sebagaimana Anas bin Malik r.a. menyebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Tidaklah diutus seorang Nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis Kafir”. (HR. Bukhari). 

Golongan Pengikut Dajjal

Mengacu dalam kitab Al-Mausu’ah fi al-Fitan wa al-Malahim wa Asyrati as-Sa’ah karya Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyad, berdasarkan Nas yang ada, terdapat 7 pengikut Dajjal di akhir zaman, di antaranya yakni: 

1. Kaum Yahudi. 
2. Kelompok pembangkang (khawarij) 
3. Orang yang suka berbuat Bid’ah dan mengarahkan kesesatan. 
4. Kaum wanita 
5. Jin dan setan 
6. Dukun dan tukang sihir 
7. Orang yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsu serta orang yang suka berbohong dalam perkataan. 

Kedatangan Dajjal yang kelak mengaku sebagai tuhan merupakan fitnah besar bagi umat Islam. Sebab, banyak orang yang percaya padanya. Sebab Dajjal memiliki kemampuan menghidupkan seorang yang sudah mati, menyembuhkan yang sakit, mendatangkan hujan dan lain sebagainya.

Banyak orang yang terpedaya akan kekuatannya Namun, ada sekelompok golongan yang selalu menantikan kedatangannya bagi mereka Dajjal adalah tuhan yang memberi pencerahan. 

Sebagaimana dalam hadis yang di riwayatkan oleh Abdullah bin alAsh r.a bahwa Rasulullah Saw Bersabda yang artinya: “Kebanyakan pengikut Dajjal adalah orang Yahudi dan kaum Wanita”. (HR. Ahmad). 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network