Dajjal Itu Ternyata Mandul, Kaki Berbentuk Letter O, Rambut Keriting tapi Masih Muda 

Vitrianda Hilba Siregar
Dajjal. Foto: Ilustrasi/Dok

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Nabi Isa  Alaihissalam akan membunuh Dajjal adalah keniscayaan pada akhir zaman kelak. Namun tahukah bahwa Nabi Isa dan Dajjal mempunyai lafazh yang sama namun berbeda makna dan arti.

Al Masih ‘Isa bin Maryam Alaihissalam dan al Masih ad-Dajjal. Abu ‘Abdillah al-Qurthubi rahimahullah menyajikan dua puluh tiga pendapat tentang asal kata itu. Namun penulis kitab al-Qaamuus memperluasnya menjadi lima puluh pendapat.

Istilah Al-Masih ini berlaku luas untuk orang yang jujur, tetapi juga dapat merujuk kepada orang yang sesat dan pembohong.

Al-Masih ‘Isa bin Maryam Alaihissalam adalah figur yang jujur, sementara al-Masih ad-Dajjal adalah sosok yang sesat dan pembohong.

Allah menciptakan dua bentuk al-Masih, di antaranya satu adalah musuh bagi yang lain.

Nabi ‘Isa Alaihissalam adalah al-Masih yang membawa petunjuk; dia menyembuhkan orang buta sejak lahir, menyembuhkan penyakit kusta, dan menghidupkan yang mati dengan izin Allah.

Di sisi lain, Dajjal -semoga Allah melaknatnya- adalah al-Masih yang membawa kesesatan. Dia menguji manusia dengan kekuatan luar biasa yang diberikan kepadanya, seperti kemampuan untuk mengatur hujan, menghidupkan tanah dengan tumbuhan, dan melakukan hal-hal di luar kemampuan biasa.

Dajjal juga disebut al-Masih karena salah satu matanya buta, atau karena dikatakan akan mengelilingi dunia dalam waktu empat puluh hari.

Pendapat pertamalah yang paling kuat, karena adanya hadits:

إِنَّ الدَّجَّالَ مَمْسُوْحُ الْعَيْنِ.

“Sesungguhnya Dajjal itu terhapus (buta) sebelah matanya"

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network