Apa Saja yang Dialami Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam, Berikut Penjelasannya

Kastolani Marzuki
Mendoakan orang yang sudah meninggal. Foto: Ist

Lantas, apa saja aktivitas manusia yang sudah meninggal? 

Dilansir dari Buku Ritual dan Tradisi Islam Jawa karya KH Muhammad Sholikin disebutkan, ruh dan jasad orang yang sudah meninggal akan saling bertemu dan saling menceritakan tentang apa apa yang terjadi di dunia, juga tentang keadaan mereka ketika menjadi penduduk dunia. 

Di dalam kubur juga akan diperihatkan tempat yang kelak dihuni seseorang setelah dia dibangkitkan. Jika orang itu membawa amal saleh. Dia akan melihat tempatnya di surga. Sedangkan yang dibawanya adalah dosa dan amal buruk, dia akan melihat tempatnya di neraka. 

Dalam hadis yang disampaikan Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ketika salah seorang dari kalian meninggal, akan diperlihatkan tempatnya pada pagi dan sore hari. Apabila dia termsuk penghun surga, akan diperlihatkan kepadanya surga. Dan apabila dia termasuk penghuni neraka, akan diperlihatkan kepadanya neraka. Bersamaan dengan itu ada suara yang berseru, ‘inilah tempatmu kembali di hari kiamat’.”  

Dengan demikian, sewaktu didalam kubur, manusia sudah mengetahui ke mana dia akan di temapatkan penempatan ini didasrkan pada amalnya saat hidup di dunia. Di kemukakan dalam sebuah hadis, setiap hari kubur berseru kepada manusia: “akulah rumah kesendirian dan kesedihan. Akulah rumah tempat kalajengking da ular. Dan apa yang akan kalian bawa ketika mengunjungiku?” 

Dilansir dari uinsuska dalam artikel Konsep Hidup Sesudah Mati dalam Agama Islam, Allah SWT meneguhkan hati kaum mukmin sewaktu menghadapi tiga masa yakni, saat melihat malaikat maut,  menghadapi pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, dan saat menghadapi hisab di hari kimat.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network