Sama-sama Tentara, Begini Perbedaan Polisi Militer dengan Provos TNI

Vitrianda Hilba Siregar
Walau sama-sama tentara namun Polisi Militer atau PM memiliki perbedaan dalam fungsi dan tugasnya dibandingkan dengan Provos TNI. Namun, keduanya memiliki tanggung jawab yang besar. Foto: Kolase

Sedangkan, Provos hanya berperan sebagai penegak disiplin dalam kesatuan militer tertentu. Salah satu contoh peran Provos TNI adalah mengawasi ketaatan terhadap peraturan dalam atribut TNI.

Dalam hal penggunaan atribut atau seragam, Polisi Militer dan Provos TNI memiliki perbedaan. Polisi Militer mengenakan baret biru dengan logo Satya Wira Wicaksana dan bed bertuliskan "PM." dan miring ke kiri

Sebagai informasi, TNI berfungsi sebagai alat pertahanan negara, melindungi kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dari ancaman militer dan bersenjata, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Provos mengenakan baret sesuai dengan kesatuan militer mereka dan bed bertuliskan "PROV" dan miring ke kanan. Seorang Provos dalam kesatuan memiliki peran penting menjaga hukum, disiplin, dan ketertiban anggota di satuan tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network