Kemarau Panjang, Baca 6 Doa Ini untuk Meminta Hujan Teks Arab, Latin, dan Arti

Kastolani Marzuki
Masyarakat melakukan sholat dan doa meminta hujan. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Doa meminta hujan dengan lengkap, termasuk bacaan niat dan tata cara sholat istisqa, merupakan salah satu bentuk riyadhoh untuk memohon pertolongan kepada Allah agar Dia segera menurunkan rahmat-Nya berupa hujan.

Saat ini, hampir seluruh wilayah di Indonesia sedang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan krisis air, tetapi juga menyebabkan banyak kejadian kebakaran.

Dalam menghadapi situasi ini, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia mendorong umat Islam untuk melaksanakan sholat istisqa dengan harapan agar Allah segera memberikan pertolongan-Nya dalam bentuk hujan.

Dalam Alquran, hujan memiliki manfaat besar karena saat turun ke bumi, hujan tersebut menyuburkan tanah yang gersang dan kering, sehingga tanaman dapat tumbuh dari tanah yang subur ini.

Tanaman ini kemudian menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup dan juga memberikan keindahan bagi siapa pun yang memandangnya.

Hujan yang diturunkan ke bumi juga merupakan sesuatu yang diberkahi. Allah SWT berfirman: 

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ 
“Kami turunkan dari langit air yang berkah (banyak manfaatnya) lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam” (QS. Qaf: 9). 

Melalui hujan, Allah menumbuhkan buat mereka berbagai macam tumbuhan yang menghasilkan banyak jenis buah, sebagaimana yang telah disaksikan.  Doa Meminta Hujan, Arab, Latin, Artinya Selain melaksanakan sholat istisqa meminta kepada Allah SWT untuk diturunkannya hujan. Muslim juga dianjurkan banyak membaca istighfar. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network