Ini 5 Obat Herbal Untuk Mengatasi Asam Urat, Salah Satunya Kunyit!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Penyakit asam urat merupakan jenis radang sendi yang menyakitkan, sehingga bisa mengganggu kehidupan pengidapnya.  Meskipun banyak obat asam urat yang dijual bebas yang bisa meredakan penyakit tersebut, beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami. Alasannya, obat ini lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Asam urat terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat yang tinggi dalam darah. Hal itu menyebabkan peradangan dan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Nah, beberapa bahan alami memiliki kandungan yang bisa memberi dampak baik bagi pengidap asam urat. Simak ulasannya di sini!

Punya asam urat memang tidak enak, apalagi jika sedang kumat. Sendi tangan dan kaki terasa nyeri. Nah, untuk mengatasi asam urat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya, dengan beberapa obat herbal yang terbilang aman untuk dikonsumsi.

Obat herbal untuk mengatasi asam urat hanya bisa dikonsumsi sebagai terapi komplementer atau tambahan untuk meredakan beberapa gejalanya.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam obat herbal untuk mengatasi asam urat berikut ini, apalagi cukup mudah untuk ditemukan di sekitar Anda.

Nah, berikut rekomendasi 5 obat herbal untuk mengatasi asam urat yang bisa kamu coba,

1. Jahe

Dikutip dari Natural Chemist, kamu bisa menambahkan jahe di masakanmu atau makan sedikit secara mentah setiap hari. Apalagi memang jahe punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mengobati inflamasi pada sendi akibat asam urat.2. Kunyit

2. Kunyit

Kunyit bisa meringankan gejala asam urat. Apalagi kunyit mengandung curcumin yang dapat mengatasi nyeri yang dirasakan ketika terkena asam urat, karena kandungan ini merupakan anti-inflamasi yang sangat bagus. Kamu bisa mengkonsumsi kunyit hangat guna meredakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat kambuh.

3. Biji Seledri

Biji seledri menjadi obat herbal yang juga cukup ampuh untuk penderita asam urat. Bahkan, penelitian dari Molecular Medicine Reports pada 2019 mengungkapkan bahwa ekstrak biji seledri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bermanfaat bagi penderita asam urat.

Pembengkakan di sekitar sendi akibat peradangan penyakit asam urat bisa diatasi dengan ekstak biji seledri. Sebab biji seledri mengandung luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB), yang sudah terbukti bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengendalikan produksi asam urat.

4. Sambiloto

Sambiloto juga bisa mengobati gejala asam urat. Sebab sambiloto memiliki beberapa kandungan penting yang baik untuk tubuh dan juga sebagai obat alami asam urat. Diantaranya yakni aldehid, keton, alkane, flavanoid dan mineral.

5. Brotowali

Menurut studi dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, ekstrak jus batang brotowali dapat menjadi obat herbal alami untuk asam urat. Apalagi brotowali bisa jadi obat pereda nyeri alami untuk serangan asam urat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network