10 Jenis Ikan Ini Ternyata Penyebab Asam Urat Tinggi, Cek Faktanya !!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Penderita asam urat perlu menghindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin, termasuk ikan. Namun, ikan juga kaya akan asam lemak omega 3, jenis lemak sehat yang penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Ini menciptakan dilema bagi penderita asam urat, di mana konsumsi ikan dapat mencegah penyakit kardiovaskular, tetapi juga dapat meningkatkan kadar asam urat dan risiko serangan. 

Terdapat sepuluh jenis ikan ini ternyata penyebab asam urat tinggi wajib dihindari bagi Anda. Hal ini dilakukan agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Meskipun ikan sangat sehat ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Sebagian jenis ikan mengandung zat purin lebih dari 400 mg sampai 100 gr penyebab asam urat tinggi. Beberapa jenis ikan populer yang terkenal sehat ternyata tinggi zat purin.

Berikut 10 jenis ikan ini ternyata penyebab asam urat tinggi melansir Healthline, Kamis (20/07/23):

1. Ikan tuna

2. Ikan teri

3. Ikan kod

4. Ikan salmon

5. Ikan kakap

6. Ikan trout

7. Ikan makarel

8. Ikan sarden

9. Ikan herring

10. Ikan mas

Seperti diketahui, beberapa ikan memiliki kandungan zat purin. Adapun, zat ini masuk kelompok senyawa kimia yang terdiri molekul purin dengan berbentuk bahan cincin heterosiklik serta atom nitrogen.

Meskipun purin memiliki peran dalam berbagai fungsi biologis, terlalu banyak zat purin menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti asam urat tinggi. Zat purin masuk kedalam tubuh dan menyebabkan naiknya asam urat dalam darah.

Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat, ginjal tidak dapat mengatasi proses ekskresinya. Akibatnya kristal asam urat terbentuk dalam persendian dan jaringan tubuh lainnya.

Munculah gejala nyeri dan peradangan pada penderita asam urat. Zat purin berlebihan memperburuk kondisi ini.

Kandungan nutrisi dalam ikan secara kesehatan lebih besar daripada resikonya bagi penderita asam urat. Mengelola asam urat tinggi melibatkan langkah-langkah seperti mengubah pola makan dengan mengurangi makanan mengandung zat purin.

Mengenali peran zat purin dalam perkembangan asam urat menjadi langkah awal menjalani pola makan sehat. Untuk itu mengkonsumsi ikan dalam porsi sedang atau terbatas dapat menjadi diet sehat bagi penderita asam urat.

Selain itu, penderita asam urat juga harus menjalani pola hidup sehat seperti menjaga berat badan dengan berolahraga secara teratur. Konsultasi medis juga penting untuk menentukan perawatan yang sesuai termasuk penggunaan obat-obatan mengurangi kadar asma urat.

Demikian 10 jenis ikan ini ternyata penyebab asam urat tinggi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network