Jahe Merah Ternyata Mampu Mengobati Asam Lambung Naik, Cek Faktanya !

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Mual adalah salah satu gejala asam lambung naik atau maag yang umum terjadi. Kendati demikian, kondisi ini perlu diatasi dengan tepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana cara menghilangkan mual saat asam lambung naik?

Salah satu cara mengatasi mual saat asam lambung naik yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan secara perlahan. Pasalnya, mengonsumsi makanan dengan terburu-buru berisiko merangsang saluran cerna untuk memproduksi gas berlebih sehingga dapat memperburuk rasa mual.

Cara mengobati asam lambung naiksebaiknya diketahui banyak orang. Apalagi siapapun bisa mengalami asam lambung naik atau refluks asam, kondisi ini umum disebut sebagai penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau maag.

Cara pengobatannya bisa ala rumahan, cukup untuk meredakan sensasi terbakar di dada Anda terjadi saat isi perut Anda naik ke kerongkongan.

Namun, perlu diingat kalau anda harus mengubah gaya hidup untuk menghindari asam lambung yang tiba-tiba naik. Pemicunya umum seperti makanan asam seperti jeruk, tomat, makanan berbahan dasar tomat, alkohol, juga kafein. cokelat dan makanan yang digoreng atau berminyak.

Berikut obat asam lambung saat naik secara mendadak,

1. Madu

Obat rumahan satu ini memang dikenal aman untuk penderita GERD atau asam lambung. Madu memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa membantu mengatasi masalah lambung.

Dalam tinjauan klinis diterbitkan oleh the Jurnal Medis Inggris, para peneliti menyarankan karena sifat kental madu dapat membantu menjaga asam tetap rendah. Salah satu anggota tim melihat perubahan dari gejala sakit maag setelah mengkonsumsi lima mililiter (sekitar satu sendok teh) madu biasa.

2. Jahe merah

Bahan rumahan selanjutnya itu jahe merah, bisa mengobati asam lambung. Sebab jahe merah bersifat anti peradangan bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan meredakan rasa mual.

Juga disebut sebagai bahan alami bersifat gastroprotektif. Sebagai rempah bisa dijadikan teh, bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yaitu penyebab asam lambung naik.

"Jahe memiliki sejarah panjang dalam pengobatan Cina, menurut NCCIH. Ramuan ini dapat membantu meredakan mual, jadi beberapa orang percaya bahwa ramuan ini juga patut dicoba untuk mulas (asam lambung naik)," keterangan dalam Healthline

3. Kurma

Buah yang umum ada saat bulan puasa ini, ternyata bermanfaat bagi asam lambung. Kurma aman jadi pengobatan alami untuk penderita asam lambung, bahkan segala penyakit.

Hal ini berdasarkan penelitian NCBI menjelaskan kurma produk alami atau obat yang baik dalam pengobatan/pengelolaan penyakit dan terjangkau serta efektif tanpa efek samping.

4. Obat lain

Apabila anda sudah mencoba alami tidak perubahan baik untuk mengurangi asam lambung yang naik. Anda bisa memilih obat ini yang juga bisa didapatkan tanpa resep dokter, melansir Mayoclinic sebagai penghambat histamin (H-2), juga termasuk cimetidine (Tagamet HB), famotidine (Pepcid AC) dan nizatidine (Axid AR).

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network