Stop Lakukan 3 Kebiasaan Ini, Supaya Jerawat Tidak Semakin Buruk !!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan yang membuat wajah berjerawat, lho. Jadi, jangan heran, kalau kamu sudah menerapkan sejumlah langkah skin care, melakukan beragam cara untuk mengobati jerawat, eh jerawat tetap betah gara-gara kebiasaan-kebiasaan ini.

Jerawat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran, sebum, atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang. Perkembangan terjadinya jerawat bisa dimulai dari komedo, benjolan kecil kemerahan, benjolan besar yang padat (jerawat batu), dan benjolan berisi nanah.

Kebanyakan perempuan sering terkena jerawat. Apalagi, ketika terjadi lonjakan hormon seks (androgen) yang membuat kelenjar minyak di wajah menjadi lebih aktif.

Akibatnya, wajah menghasilkan sebum terlalu banyak dan mengakibatkan pori-pori gampang tersumbat. Ditambah lagi, dengan menempelnya debu, kotoran, dan bahkan bakteri akan menimbulkan reaksi peradangan pada kulit yang kemudian menjadi jerawat.

“Acne vulgaris atau jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang paling sering kita temukan di praktek. 47 sampai 90 persen remaja dan dewasa muda di dunia pernah bermasalah dengan jerawat," jelas dr Dian Pratiwi, Sp.KK, FINSDV, FAADV, CCA.

"Jerawat membutuhkan terapi jangka panjang yang mungkin bisa mencapai tahunan dan terkadang memiliki dampak yang signifikan pada psikologis hingga kualitas hidup pasien, karena itu penanganan jerawat harus secara personal dan berfokus pada pasien," tambahnya.

Dokter Kulit dan Kelamin Erha Derma Center Kemanggisan ini menyebut, ketika bicara tentang kulit sehat bukan saja tentang skin barrier tetapi juga sistem imun kulit yang baik dan juga mikrobioma yang seimbang.

"Kulit yang tidak sehat sedikitnya mengalami gangguan satu dari tiga pertahanan kulit. Mikrobioma yang tidak seimbang bisa menyebabkan beberapa penyakit kulit termasuk tentunya acne atau jerawat," kata dr Dian.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang membuat jerawat sulit sembuh.

1. Malas cuci muka

Malas cuci muka, bikin kena jerawat. Oleh karena itu cuci muka dengan lembut hingga dua kali sehari dan setelah berkeringat. Pilih pembersih yang lembut dan tidak abrasif. Oleskan dengan ujung jari Anda, karena menggosok dengan waslap, spons, dan alat lain dapat mengiritasi kulit Anda.

2. Tangan 'gatel' menyentuh wajah

Menyentuh wajah terlalu sering memungkinkan tumbuhnya jerawat dan dapat menyebabkan jerawat membandel. Meskipun Anda mungkin memiliki keinginan untuk memencet jerawat, hal itu akan membuat jerawat membutuhkan waktu lebih lama untuk dibersihkan dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pasca inflamasi.

3. Malas keramas

Malas keramas membuat minyak dari rambut menyebabkan jerawat di dahi. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah lebih sering daripada yang dilakukan sekarang dan jauhkan rambut dari wajah Anda.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network